Selain Jokowi, Empat Pejabat Negara ini Juga Pecinta Alam

Presiden Indonesia, Joko Widodo, dikenal sebagai sosok sederhana yang memimpin negara. Bahkan di masa mudanya, beliau merupakan anggota klub mahasiswa pecinta alam. Semasa menempuh pendidikan di UGM, Jokowi juga gemar melakukan kegiatan pendakian bersama Mapala Silvagama UGM. Beberapa Gunung pernah didakinya, seperti Kerinci yang ada di Jambi. Namun ternyata, beberapa pejabat negara lain pun juga gemar melakukan pendakian. Selain Jokowi, empat pejabat negara ini juga memiliki hobi mendaki.

Alm. Widjajono Partowidagdo, eks Wakil Menteri ESDM

Alm. Widjajono Partowidagdo saat di Puncak Kinabalu Malaysia via Berita Lingkungan

Alm. Widjanono Partiwidagdo merupakan mantan Wakil Menteri ESDM yang menjabat di masa kepemimpinan Presiden SBY. Sebagai pejabat lingkungan eksekutif, ternyata beliau memiliki hobi yang menarik. Pria kelahiran Magelang 1951 ini memiliki hobi mendaki gunung sejak SMA. Puluhan gunung pun telah beliau daki, termasuk Himalaya dan Kilimanjaro. Namun nahas, di tahun 2015 beliau meninggal saat mendaki Gunung Tambora.

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah

Ganjar Pranowo, dua dari atas mengenakan topi via instagram/Pecinta Alam&Lingkungan Pakci

Gubernur Jawa Tengah ini juga memiliki hobi mendaki gunung. Pada pertengahan tahun 2017, beredar sebuah foto klasik sekelompok anak muda yang sedang beristirahat di kawasan hutan. Ternyata di dalam foto tersebut terdapat Ganjar Pranowo semasa muda yang sedang beristirahat di tengah pendakian. Ganjar Pranowo merupakan pria kelahiran Purworejo yang menghabiskan masa SMA hingga universitas di Yogyakarta.

Umar Arsal, Anggota DPR RI

Umar Arsal, empat dari kanan menggunakan celana hijau, di Puncak Gunung Elbrus via  Zona Sultra

Anggota DPR RI asal Sulawesi Tenggara ini memiliki hobi mendaki. Umar Arsal memiliki pengalaman mendaki yang cukup seru. Pria kelahiran Ujung Pandang 1963 ini pernah mendaki puncak tertinggi di Eropa, Gunung Elbrus yang terletak di perbatasan Rusia. Bersama teman lama semasa kuliah di Universitas Hassanudin, beliau mendaki Gunung Elbrus dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 di tahun 2016 lalu.

Khofifah Indar Parawansa, Mantan Menteri Sosial

Khofifah tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam Unair semasa kuliah via Harian Terbit

Di antara empat lelaki yang telah disebutkan sebelumnya, mantan Menteri Sosial juga tak kalah hebat. Perempuan  kelahiran Surabaya 1965 ini juga memiliki hobi mendaki gunung. Semasa kuliah Khofifah juga tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Airlangga. Perempuan berusia 53 tahun ini pernah mendaki Gunung Arjuna, Welirang, bahkan Semeru.

Kegiatan mendaki gunung memang sangat menarik untuk dilakukan bagi sebagian orang. Kebanyakan hobi tersebut dimulai ketika duduk di bangku kuliah. Bagaimana? Teman Traveler punya rencana mendaki gunung dalam waktu dekat?

Tags
Indonesia Jokowi Pejabat Negara pendaki profil Wisata
Share