Jetovator, Wisata Bahari Unik Melesat Bak Ironman

Wisata tak melulu harus identik dengan sesuatu yang santai. Contohnya saja para penggemar wisata atau olahraga bahari, yang umumnya terbiasa dengan hal ekstrem dan menantang. Nah, jika ingin mencari sesuatu yang baru serta unik, inovasi bernama Jetovator rasanya layak dicoba.

Jetovator sendiri merupakan penemuan canggih yang belakangan mulai sering dimanfaatkan sebagai wahana wisata air. Mirip seperti jetski, flyboard, atau cable surf. Bedanya, inovasi satu ini memberikan pengalaman yang sungguh berbeda.

Gabungan Jetski dan Jetpack

Melayang naik jetovator
Melayang naik jetovator via Instagram hsh_91

Pada dasarnya, Jetovator merupakan gabungan antara jetpack dan jetski. Jika jetpack pada umumnya dirancang mirip tas dan dipakai di bagian punggung, alat satu ini hadir dalam bentuk mirip sepda motor, lengkap dengan tuas pengendali. Inovasi ini sudah muncul sejak 2009 silam.

Dibandingkan jetpack, yang hingga kini masih belum benar-benar aman untuk dikendarai, jetovator dianggap lebih punya prospek untuk dikomersilkan. Hal tersebut karena alat ini hanya bisa digunakan di atas permukaan air. Selain itu resikonya juga jauh lebih kecil dibanding jetpack.

Bikin Melesat bak Iron Man

Berputar di udara layaknya Iron Man
Berputar di udara layaknya Iron Man via Instagram amberdiscovers

Pernah melihat aksi superhero Iron Man bikinan Marvel? Dalam film tersebut, sang pahlawan super bisa melesat dengan kecepatan tinggi menggunakan alat yang menempel di tubuhnya. Sensasi serupa juga bisa dirasakan ketika menunggangi jetovator.

Kendaraan air ini sanggup membuat penumpangnya melesat melewati permukaan air dalam sekejap. Beberapa model bahkan diklaim bisa mencapai ketinggian sembilan meter dengan kecepatan 40 kilometer per jam. Asyiknya lagi, alat ini juga dirancang agar bisa menyelam di bawah permukaan air.

Masih Jarang di Indonesia

Jetovator di Treasure Bay Bintan
Jetovator di Treasure Bay Bintan via Instagram treasurebaybintan.official

Mereka yang tertarik mencoba mungkin harus gigit jari. Sebab wahana yang menyewakan kendaraan ini masih jarang di Indonesia. Namun bukan berarti tidak ada sama sekali.

Jika kebetulan berada di Kepulauan Bintan, langsung saja mampir ke Treasure Bay. Resort mewah tersebut memiliki arena khusus yang menyewakan Jetovator. Selain itu beberapa lokasi di Bali juga menyediakan fasilitas serupa, salah satunya adalah Bali Jetpacks di Nusa Dua.

Harganya Cukup Mahal

Jetovator dibandrol dengan harga mahal
Jetovator dibandrol dengan harga mahal via Instagram h2oceansports

Sulitnya menemukan tempat yang menyewakan Jetovator sebenarnya bukan fakta mengejutkan. Sebab kendaraan air canggih ini ditawarkan dengan harga tidak murah. Salah satu model buatan Hammacher Schlemmer misalnya, dibandrol dengan harga 7 ribu dollar AS atau lebih dari 90 juta rupiah.

Namun demikian, sensasi yang ditawarkan memang benar-benar tiada duanya. Tak hanya melesat di udara sembari melakukan beragam gerakan salto, penumpang Jetovator juga bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan menyelam ke bawah permukaan air. Semua gerakan tersebut bisa dilakukan dengan tetap duduk manis di kursi kendali. Mantap bukan?

Pernah Jadi Atraksi Wisata

Atraksi serupa pernah digelar di Jakarta
Atraksi serupa pernah digelar di Jakarta via Instagram balijetpacksandwatersport

Jetovator ternyata juga pernah menjadi bagian dari atraksi wisata Jakarta. Pada 2013 silam, dua orang bule Amerika Serikat menunjukkan kebolehan mereka menunggangi kendaraan futuristik tersebut di ibu kota. Aksi mereka merupakan bagian dari rangkaian acara Indonesia Yacht Show 2013.

Warga Indonesia boleh berbangga hati. Sebab kala itu Nusantara menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menjadi lokasi pertunjukan jetovator.

Itulah sekilas mengenai Jetovator mainan baru yang layak dicoba bagi para penggemar wisata ekstrem maupun bahari. Meskipun masih jarang, jika benar-benar tertarik bisa coba datang ke Bintan atau Bali untuk merasakan sensasi terbang melesat bak Iron Man.

Tags
Bali Bintan Wisata Wisata Ekstrim
Share