Jenis Olahan Telur dan Sebutannya, Sering Makan Ini?

Telur termasuk makanan yang mudah didapat dan kaya akan protein. Masyarakat Indonesia sering mengolah hidangan ini dengan cara didadar atau ceplok. Namun tahukah Teman Traveler kalau ternyata ada beberapa jenis olahan telur? Daftar di bawah ini cocok bagi kalian yang suka berkreasi. Kulik bareng-bareng yuk!

Telur Rebus

Jenis-jenis telur
Telur rebus via Shutterstock

Cara instan untuk menikmati telur yakni dengan cara direbus bersama cangkangnya ke dalam air mendidih. Menu sarapan ini begitu praktis dan sering ditemukan di sejumlah warteg. Biasanya disantap dengan berbagai lauk lain seperti ayam, daging sapi, dan masih banyak lagi.

Namun beberapa orang memiliki standar masing-masing ketika memasaknya. Mulai dari kuning yang setengah matang hingga benar-benar matang atau mengeras di bagian tengahnya. Hal itu tergantung dari berapa lama waktu yang dibutuhkan ketika merebus.

Orak-arik

Telur orak-arik
Telur orak-arik via Shutterstock

Telur orak-arik atau dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan nama Scrambled Egg merupakan olahan telur yang diaduk atau dikocok ketika dimasak di atas wajan penggorengan dengan lembut. Saat proses memasak biasanya ditambahkan beberapa bumbu seperti garam, mentega, dan lain-lain. Biasanya hidangan ini menjadi menu sarapan ala orang Eropa dan Amerika. Telur orak-arik juga memiliki ragam variasi di sejumlah negara.

Telur Ceplok Mata Sapi (Sunny Side Up)

jenis olahan telur
Telur ceplok via Shutterstock

Selain direbus dan dadar, telur ceplok juga menjadi salah satu olahan yang umum dijumpai. Selain dikenal dengan nama ceplok, hidangan ini juga memiliki sebutan Sunny Side Up. Dikarenakan telur berbentuk seperti matahari yang menyembul di tengahnya. Dalam proses memasak, Teman Traveler harus mengukur waktu yang pas agar tidak mentah dan terlalu matang.

Omelet

Omelet
Omelet via Shutterstock

Variasi dari telur goreng lainnya yakni dengan dibuat Omelet. Biasanya wajan penggorengan dioleskan mentega atau minyak goreng terlebih dulu. Omelet ini hadir dalam berbagai variasi. Ada yang diisi dengan keju, daun bawang, sayuran, jamur, hingga potongan daging.

Selain itu, beberapa orang juga ada yang menambahkan sedikit susu, krim, atau air ke dalam telur yang telah dikocok. Sama dengan orak-arik, Omelet juga memiliki tampilan berbeda-beda di berbagai negara seperti Prancis, Tiongkok, Jepang, dan Amerika.

Poached Egg

jenis olahan telur
Poached Egg via Shutterstock

Terakhir, olahan telur berikut biasanya ditemui di sejumlah restoran yang menghidangkan makanan Eropa dan Amerika. Poached Egg merupakan salah satu hidangan yang dimasak dengan teknik khusus. Telur dimasukkan ke dalam air rebusan yang panas,atau dikukus tanpa cangkangnya.

Air mendidih biasanya dipilih karena memiliki temperaturnya yang tinggi. Ketika matang, telur tersebut akan dipecah di wadah. Ketika dipecah, telur dengan kematangan sempurna akan mengeluarkan sedikit cairan dari bagian kuningnya.

Bagi Teman Traveler yang suka berkreasi, jenis olahan telur tadi dapat kalian coba di rumah. Mana nih yang paling Teman Traveler suka??

Tags
Indonesia kuliner
Share