Ini Jenis Ikan Asin yang Kondang di Indonesia, Mana Favoritmu?

Buat Teman Traveler pecinta kuliner, pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai ikan asin. Rasa dominan asinnya memang enak saat dipadukan dengan nasi hangat dan sambal khas Indonesia. Sederhana namun begitu menggoyang lidah. Ikan asin sendiri merupakan bahan makanan dari ikan yang diawetkan dengan banyak garam. Ternyata banyak jenis ikan asin di Indonesia yang sudah menjadi favorit keluarga. Ada apa saja, ya?

Ikan Jambal Asin

Ikan Jambal Asin, via Instagram/makmon5
Ikan Jambal Asin, via Instagram/makmon5

Pertama ada ikan jambal asin yang kerap kali masuk dalam menu dengan sambal dan berbagai lalapannya. Bisa dibilang, ini merupakan jawarannya ikan asin dan begitu kondang di Nusantara. Harganya memang mahal dibandingkan yang lainnya. Namun teksturnya yang tebal dan rasanya yang super gurih, membuat ikan jambal asin banyak dinikmati.

Ikan Asin Peda

Ikan Asin Peda, via Instagram/asinkuu
Ikan Asin Peda, via Instagram/asinkuu

Kemudian ada yang namanya ikan asin peda yang sudah tidak asing lagi di meja makan. Sebagai informasi, ini merupakan ikan yang diproses setengah kering. Rasanya dominan asin dan banyak diolah menjadi pepes. Dipadukan dengan sambal, pepes ikan asin peda bisa membuat nafsu makan beringas.

Ikan Teri

Ikan Teri, via Instagram/rumah_lipat
Ikan Teri, via Instagram/rumah_lipat

Tidak kalah kondang dari yang sebelum-sebelumnya ada ikan asin teri. Biasanya, bahan ini dijadikan sambal ataupun diolah dengan sayuran atau makanan lainnya. Bentuknya kecil-kecil dan sangat mudah ditemukan di banyak daerah Indonesia. Jangan salah ya, kecil-kecil cabe rawit lho. Meskipun ukurannya mini, namun jenis ikan asin satu ini memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi.

Ikan Gabus Asin

Ikan Asin Gabus, via Instagram/arum_manis_homemade
Ikan Asin Gabus, via Instagram/arum_manis_homemade

Ikan gabus asin merupakan jenis yang cukup banyak digemari. Alasannya, dagingnya lezat dan memiliki citarasa sendiri. Bonusnya, ikan ini cukup bersih karena memang sebelum diasinkan sudah dihilangkan terlebih dahulu sisik, insang, dan isi perutnya. Karena itulah harganya di pasaran juga cukup tinggi.

Ikan Tenggiri yang Diasinkan

Ikan Asin tenggiri, via Instagram/tabir_store
Ikan Asin tenggiri, via Instagram/tabir_store

Satu lagi yang tak boleh dilewatkan, yakni adan ikan tenggiri asin. Seperti namanya, bahan utama yang digunakan adalah ikan tenggiri dengan ukuran yang cukup besar. Masih satu jenis dengan tuna, makarel, dan juga boneto. Banyak masakan yang diolah dengan menggunakan ikan asin tenggiri ini sebagai campurannya.

Saking enaknya, hanya dengan nasi hangat, sudah bisa bikin nafsu makan meningkat, ya. Nah, dari berbagai jenis ikan asin yang disebutkan di atas, manakah yang menjadi favorit Teman Traveler?

Tags
ikan asin Indonesia jenis ikan asin kuliner ragam ikan asin
Share