Pilihan Jenis Boiled Egg, Supaya Sarapanmu Makin Beragam

Telur merupakan salah satu pilihan sarapan yang mudah ditemukan, enak, murah, dan mengenyangkan. Paket lengkap dalam satu bahan makanan, bukan? Direbus saja sudah enak dan bisa jadi sumber energi harian. Namun, tahukah Teman Traveler jika ada beberapa jenis boiled egg atau telur rebus? Yuk ikuti ulasan berikut ini, supaya menu favoritmu ini nggak berakhir menjadi rebusan atau ceplokan saja!

Soft Boiled Egg

Soft Boiled Egg, via Shutterstock
Soft Boiled Egg, via Shutterstock

Pertama, ada namanya soft boiled egg. Merupakan telur rebus dengan bagian kuning yang masih meleleh. Untuk mengolahnya hanya membutuhkan waktu yang singkat. Masukkan telur mentah ke air yang mendidih selama 5 sampai 6 menit, lalu matikan api dan pindahkan ke wadah berisi es. Tujuannya, menghentikan proses pematang telur dan memudahkan pengupasan.

Medium Boiled Egg

Medium boiled egg, via Shutterstock
Medium boiled egg, via Shutterstock

Buat Teman Traveler yang kurang suka jika telurnya terlalu mentah, ada medium boiled egg yang bisa dipilih. Kamu hanya perlu merebus telur selama 7-9 menit saja. Kondisi telurnya, bagian putih sudah cukup keras dan kuningnya sudah mulai sedikit padat. Dimakan langsung enak, dijadikan lauk juga tak masalah.

Hard Boiled Egg

Hard Boiled Egg, via Shutterstock
Hard Boiled Egg, via Shutterstock

Cukup berbeda dari yang sebelumnya, ada hard boiled egg. Cara pengolahannya kurang lebih sama dengan soft boiled egg, namun waktunya saja yang berbeda. Kamu perlu memasaknya kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit untuk matang merata. Cirinya, warna kuning telur di dalamnya agak pudar dan tekstur putihnya sudah padat.

Poached Egg

Poached Egg, via Shutterstock
Poached Egg, via Shutterstock

Jenis boiled egg lainnya ada poached yang gampang-gampang susah untuk dibuat. Karena apa? jenis olahan telur ini merebus tanpa cangkangnya. Caranya, telur ‘diceplok’ langsung ke dalam air yang sudah mendidih. Langkah ini akan membuat tekstur telur menjadi lembut dan bagian kuningnya masih cair. Jika memasaknya saja, poached egg akan pecah.

Telur memang enak dan mengenyangkan, namun usahakan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Kebanyakan makan telur juga bisa menyebabkan dampak negatif. Olahan mana nih yang jadi favorit Teman Traveler?

Tags
Indonesia jenis boiled egg jenis telur rebus kuliner ragam telur rebus
Share