Asuransi Perjalanan, Apa Saja Jenis dan Persyaratannya?

Asuransi perjalanan adalah jenis perlindungan yang diperuntukkan buat Teman Traveler saat bepergian. Asuransi ini wajib dimiliki kalau kalian sering berwisata, terutama bepergian ke luar negeri. Ada baiknya Teman Traveler mengenali jenis asuransi perjalanan terlebih dahulu, baru kemudian melengkapi persyaratan pengajuannya. Cek infonya berikut ya. 

Single Trip Insurance

Single Trip via pixabay

Asuransi jangka pendek ini diperuntukkan buat Teman Traveler yang tidak rutin berpergian alias hanya beberapa kali dalam setahun. Kalian yang liburannya hanya tiga bulan sekali, bisa membeli jenis asuransi ini supaya lebih aman.

Annual Trip Insurance

Annual trip via pixabay

Berkebalikan dengan single trip insurance asuransi ini diperuntukkan bagi orang-orang yang rutin bepergian. Misalnya seminggu sekali, atau bahkan sebulan sekali. Tujuan perjalanan boleh macam-macam kok, perjalanan bisnis bisa, mau liburan juga ditanggung. 

Individual Travel Insurance

Individual travel via pixabay

Berdasarkan jumlah orang yang akan ditanggung, maka ada dua jenis asuransi perjalanan, yaitu individual travel insurance serta group travel insurance. Seperti namanya, individual travel insurance tentunya hanya berlaku bagi satu orang saja dalam sekali perjalanan dan akun asuransi. Asuransi ini masuk kategori asuransi pribadi.

Group Travel Insurance

Group Travel via pixabay

Asuransi grup ini biasanya sasarannya adalah perusahaan-perusahaan besar. Sudah lazim sekali di masa kini apabila perusahaan sering memberangkatkan karyawannya untuk perjalanan dinas, baik itu di dalam maupun di luar negeri. Seringkali, perusahaan mengadakan acara dimana seluh karyawan harus hadir, misalnya acara gathering. Oleh karenanya, diperlukan asuransi yang memadai yaitu group travel insurance.

Namun, kalian juga bisa membeli asuransi jenis ini lho Teman Traveler apabila bepergian bersama keluarga. Tentunya membeli paket asuransi ini lebih hemat dibandingan membeli asuransi perseorangan bagi seluruh keluarga.

Persyaratan Membuat Asuransi Perjalanan

Persyaratan membuat asuransi via pixabay

Ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi sebelum membeli asuransi untuk bepergian. Yang pertama adalah pemegang polis telah memasuki usia minimal 17 tahun dan maksimal 80 tahun. Persyaratan kedua adalah memiliki KTP atau Paspor  yang masih berlaku.

Teman Traveler membeli group travel insurance, maka kalian juga harus memiliki Kartu Keluarga (KK). Persyaratan yang terakhir adalah mengisi formulir yang disediakan oleh pihak asuransi. Harap mengisi formulir sesuai dengan kondisi yang sebenarnya ya. Biasanya dalam formulir tersebut kalian diwajibkan untuk mencantumkan tujuan dan lamanya perjalanan. 

Teman Traveler sudah siap nih kayanya untuk liburan dengan aman dan nyaman. Percayakan keamanan liburan kalian pada asuransi perjalanan yang terpercaya. Pastikan juga kalian bisa melakukan klaim di negara tujuan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selamat liburan!

Tags
asuransi perjalanan Indonesia info terbaru
Share