5 Jembatan Paling Unik di Dunia, Usia Ratusan Tahun hingga Membelah Lautan

Advertisement

Lebih dari sekadar jembatan, lebih seperti karya seni. Pernahkah kamu terbayang bahwa sebuah jembatan bisa membuatmu terpesona? Kalau di Indonesia, yang terbaru ada jembatan kaca di Bromo yang langsung ramai jadi spot berfoto. Kalau di bagian dunia lain, seperti apa ya jembatan unik dan juga keren?

Dari jembatan kuno yang tersisa dari zaman kuno hingga jembatan modern yang didesain untuk membuatmu takjub. Banyak dari jembatan ini telah menjadi ikon lokal, atraksi turis, atau monumen kehormatan. Mereka semua memiliki kisah yang berbeda untuk diceritakan. Siap untuk mendengarkan?

The Golden Gate Bridge, San Fransisco – Jembatan Unik yang Paling Banyak Difoto di Dunia

jembatan unik di dunia
Foto via Ciconstructors

Kamu mungkin pernah melihatnya di film atau dalam foto-foto di internet. Ini adalah The Golden Gate Bridge yang ada di San Fransisco, AS, disebut-sebut sebagai jembatan yang paling banyak difoto di dunia. Meski namanya mengandung kata Golden, jembatan ini nyatanya berwarna merah terang. Usianya sudah lebih dari 75 tahun loh.

Øresund Bridge, Swedia – Menembus Lautan

Øresund Bridge
Foto via Twistedsifter

Ini adalah gabungan jembatan kereta api dan jalan raya yang melintasi Selat Øresund antara Denmark dan Swedia. Kamu tidak salah baca, jembatan ini memang mengarah ke terowongan yang menembus lautan dari Denmark ke Swedia, dan sebaliknya. Ketakutan akan pesawat yang menabrak menara penyangga jembatan yang mendorong para perancang untuk membangun jembatan dengan terowongan menembus laut ini.

Chenab Bridge, India – Jembatan Rel Tertinggi di Dunia

jembatan unik di dunia
Foto via IndianExpress

Jembatan Chenab berada 359 meter di atas dasar sungai, yang artinya sekitar 35 meter lebih tinggi dari Menara Eiffel. Jembatan itu adalah penghubung utama dalam menyediakan sambungan langsung ke Lembah Kashmir. Umur rencana jembatan setidaknya 120 tahun. Jembatan ini baru beroperasi akhir tahun 2022 lalu.

Allahverdi Khan Bridge, Iran – 33 Jembatan Lengkung Tercantik

Allahverdi Khan Bridge
Foto via Iran Traveling Center

Jembatan Si-o-se Pol adalah jembatan batu lengkung dua tingkat di Isfahan, Iran. Dek atas adalah jalur pejalan kaki yang memberikan pemandangan luar biasa Sungai Zayanderud, kota Isfahan, dan sekitarnya. Jembatan ini sangat terang di malam hari dengan lampu kuning. Selain berfungsi sebagai jembatan, Allahverdi Khan Bridge ini juga merupakan sebuah bendungan.

Bridge of Sighs, Venice – Jembatan Ikonik Penghubung Istana dan Penjara

Bridge of Sighs
Foto via Italy Magazine

Mungkin jembatan ini terlihat biasa saja, namun ada alasan mengapa ia begitu ikonik. Saat menyusuri sungai di Venice, kamu mungkin akan melihat langsung Bridge of Sighs. Atau sebelumnya sudah familiar karena pernah membaca puisi karya Lord Byron yang dengan gamblang menjelaskan “I stood in Venice, on the Bridge of Sighs; a palace and a prison on each hand

Itu dia 5 jembatan unik di dunia, ada yang begitu antik berusia ratusan tahun hingga ada juga yang dibuat menembus lautan untuk menghubungkan dua negara. Mana yang paling menarik menurutmu?

Advertisement
Tags
Allahverdi Khan Bridge Bridge of Sighs Chenab Bridge jembatan unik ├śresund Bridge The Golden Gate Bridge
Share