Ternyata Ada Tiga Jembatan Keren di Jalur Pantai Selatan

Advertisement

Sobat traveler yang merantau ke ibu kota atau sekitarnya pasti pernah atau bahkan sering melewati jalur pantai selatan. Bersama pantai utara, jalur ini sering digunakan untuk mudik bagi mereka yang pulang ke kampung halaman. Menariknya, ternyata ada beberapa jembatan keren di jalur pantai selatan.

Secara fungsional, kehadiran jembatan tersebut menghubungkan beberapa daerah vital di Pulau Jawa. Waktu tempuh menjadi lebih singkat dan perjalanan semakin nyaman. Namun di luar itu, keindahan arsitektur jembatan juga layak dikagumi. Bahkan saking indahnya, tak sedikit yang memanfaatkannya untuk berfoto-foto.

1. Jembatan Soge

Jembatan Soge punya arsitektur menarik
Jembatan Soge punya arsitektur menarik via Instagram ayuanni

Jembatan Soge merupakan salah satu landmark kebanggaan warga Pacitan. Sesuai namanya, jembatan ini berada tak jauh dari Pantai Soge dan semakin menambah semarak perjalanan di jalur pantai selatan. Mereka yang berniat mengunjungi Jogjakarta, Solo, atau Semarang, dari Malang maupun Kediri biasanya melewati Soge.

Dari sisi bentuk, Jembatan Soge terlihat indah dan gagah. Panorama pantai, kawasan hijau, dan pantai di sekitarnya sungguh memanjakan mata. Tak heran jika tempat ini kerap dimanfaatkan warga lokal untuk berfoto-foto. Sejumlah anak muda juga sering menghabiskan waktu sembari bercengkrama di sekitar Soge.

2. Jembatan Damas

Jembatan Damas
Jembatan Damas via Instagram kirana_125

Jika sobat traveler melintas di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo, Trenggalek, kemungkinan besar akan melewati Jembatan Damas. Jembatan ini punya arsitektur unik dan terlihat cukup mencolok dibandingkan lingkungan sekitarnya. Masyarakat sekitar biasa menyebutnya jembatan Cengkrong, karena letaknya memang berdekatan dengan pantai bernama sama.

Menurut sejumlah sumber, Jembatan Damas baru selesai dibangun pada 2012 silam. Keberadaan fasilitas publik ini semakin memudahkan akses kendaraan antara Tulungagung dan Trenggalek. Bentuknya cantik, banyak orang kerap sengaja menepi hanya demi mengabadikan keindahannya. Muda-muda sekitar juga sering menjadikan jembatan ini tempat berkumpul.

3. Jembatan Grindulu

Jembatan Grindulu
Jembatan Grindulu via Instagram tri.junaedi.sabri

Sama seperti Soge, Jembatan Grindulu juga terletak di kawasan Pacitan. Infrastruktur yang menghubungkan wilayah Ploso dan Sirnoboyo ini konon dibangun hingga menelan dana sekitar 211 miliar rupiah. Baru rampung pada Desember 2017, Grindulu memiliki panjang mencapai 750 meter.

Tak hanya memudahkan akses di jalur pantai selatan, keberadaan Jembatan Grindulu diperkirakan juga bakal menambah geliat pariwisata sekitar Pacitan. Destinasi yang letaknya cukup dekat dengan jembatan ini antara lain Pantai Soge dan Goa Gong.

Itulah tadi sedikit gambaran tentang keindahan dan daya tarik tiga jembatan keren di jalur Pantai Selatan. Jika sobat traveler kebetulan melakukan perjalanan jauh dan melewati lokasi di atas, tak ada salahnya menepi sejenak. Abadikan keindahannya, namun jangan lupa tetap berhati-hati dan jaga kewaspadaan.

Advertisement
Tags
pacitan Trenggalek Wisata
Share