Tiga Jembatan Kaca Unik di Indonesia, Berani Uji Nyali di Sini?

Advertisement

Kian hari sektor pariwisata di Indonesia kian berkembang pesat. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya sejumlah destinasi anyar dengan daya yang lain dari biasanya. Salah satu yang paling menarik adalah munculnya sederet jembatan kaca unik di Indonesia.

Berjalan di atas jembatan saja sebenarnya sudah memberikan sensasi tersendiri, terutama bagi mereka yang tidak suka ketinggian. Bayangkan bagaimana jadinya jika jembatan dibuat dari permukaan transparan seperti kaca. Penasaran? Yuk kita simak daftar tiga jembatan kaca unik di Indonesia berikut ini.

1. Jembatan Kaca Ngalam, Malang

Jembatan kaca ngalam
Jembatan Kaca Ngalam via Instagram yoiki_malang

Jembatan Kaca yang ada di Malang ini diklaim sebagai pertama di Indonesia. Diresmikan oleh walikota Moch. Anton pada Oktober 2017, jembatan ini menghubungkan dua tempat wisata unik: Kampung Tridi dan Kampung Warna-warni.

Membentang sepanjang 20 meter, jembatan kaca yang memiliki lebar 1,25 meter ini dibangun di ketinggian kurang lebih 9,5 meter. Para pengunjung yang melintas tak hanya diajak merasakan sensasi unik ketinggian, namun juga menikmati aliran sungai Brantas di bawahnya.

Jembatan kaca ngalam
Jembatan Kaca Ngalam via Instagram kampung_warna_warni

Hanya saja berbeda dengan di Tiongkok, permukaan Jembatan Kaca Ngalam tidak sepenuhnya terbuat dari kaca. Sebagian strukturnya masih ditopang oleh besi layaknya jembatan biasa. Kaca hanya dipasang di bagian tengah dan dinding.

Bagi kamu yang tertarik, cukup mengeluarkan uang 4 ribu rupiah untuk membayar tiket. Namun jangan sampai berebut untuk naik, karena jembatan ini diperkirakan hanya mampu menampung sekitar 50 pengunjung sekaligus.

2. Skywalk Trans Luxury Hotel, Bandung

Skywalk Trans Luxury Hotel
Skywalk Trans Luxury Hotel via Instagram fikaprmatasari

Sensasi berada di ketinggian sembari berdiri di permukaan transparan juga bisa dirasakan di Trans Luxury Hotel yang ada di Bandung. Pihak pengelola menyediakan balkon khusus yang diberi nama Skywalk.

Skywalk terletak di lantai 18 Trans Luxury Hotel. Seperti namanya, para pengunjung akan bisa merasakan sensasi berjalan ‘di atas udara’. Tak hanya itu, tempat ini juga menyajikan latar belakang pemandangan kota Bandung yang luar biasa.

Pengunjung berpose di Skywalk Trans Luxury
Pengunjung berpose di Skywalk Trans Luxury via Instagram rizkarizlia

Para penghobi fotografi dan media sosial juga dipastikan bakal antusias berada di Skywalk. Strukturnya yang unik membuat tempat ini dijamin bisa menghasilkan foto-foto indah. Pas banget buat mereka yang hobi menjelajah tempat Instagenic.

Saking indahnya, Skywalk di Trans Luxury Hotel tak hanya digunakan untuk berfoto-foto oleh pengunjung biasa. Sesekali ada pasangan calon pengantin yang mengadakan sesi pre-wedding di sini. Bisa jadi inspirasi untuk kamu yang akan menikah dalam waktu dekat.

3. Jembatan Kaca Berendeng, Tangerang

Jembatan Kaca Berendeng
Jembatan Kaca Berendeng via Instagram diah_astutisr

Tak mau kalah dengan Malang, kota Tangerang kini juga sudah punya jembatan kaca sendiri. Jembatan ini dinamakan Kaca Berendeng dan sudah diresmikan sejak 4 Februari 2018 oleh walikota H. Sachrudin.

Jembatan Kaca Berendeng menghubungkan Tangerang Barat dan Timur. Permukaannya yang terbuat dari kaca diharapkan mampu membuat jembatan ini menjadi primadona baru di mata para wisatawan. Apalagi di kawasan ini pengunjung bisa menikmati indahnya aliran sungai Cisadane.

Jembatan Berendeng
Jembatan Berendeng via Instagram nova_wardani

Membentang sepanjang 120 meter dengan lebar 13 meter, Jembatan Kaca Berendeng dipastikan bakal terus bersolek untuk semakin menarik perhatian pengunjung di masa mendatang. Untuk sementara ini, pengelola sudah menyediakan anjungan khusus dari kaca bagi mereka yang ingin mengambil foto selfie unik dengan latar belakang sungai.

Namun patut diingat bahwa tidak semua permukaan Jembatan Berendeng terdiri dari kaca. Hanya beberapa bagian untuk pejalan kaki plus anjungan untuk foto selfie yang dibangun dari material transparan tersebut.

Itulah tadi sekilas mengenai pesona dan keiistimewaan tiga jembatan kaca unik di Indonesia. Bagi yang ingin mencari lokasi wisata dengan daya tarik lain daripada yang lain, tak ada salahnya mengunjungi ketiga lokasi di atas.

Advertisement
Tags
Bandung Malang tangerang Wisata
Share