Jembatan Gantung Baru di Era Jokowi, Fotogenik!

Presiden Joko Widodo beberepa waktu lalu mengungkapkan kalau selama dua tahun ini pemerintah membangun 32 jembatan gantung melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Jembatan gantung diperlukan masyarakat karena secara geografis Indonesia terdiri dari gunung, lembah, hingga sungai. Banyak tempat tinggal penduduk yang terpisah dengan sekolah, pasar, dan pemukiman lain. Karena itu diperlukan jembatan penyeberangan yang salah satunya berkonsep jembatan gantung.

Sebagian telah rampung dibangun. Selain bisa dilalui masyarakat untuk beraktivitas, jembatan-jembatan gantung ini biasa dijadikan sebagai latar berfoto masyarakat. Kokohnya struktur jembatan ditambah panorama alam di sekitarnya yang indah membuat hasil foto dari atas jembatan lebih menarik. Di mana saja ya?

Jembatan Gantung Galeh

Jembatan Gantung Galeh di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Jembatan Gantung Galeh di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. [image source]
Jembatan sepanjang 90 meter ini menghubungkan Desa Gandurejo ke Desa Kauman di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Kedua desa dipisahkan Sungai Galeh. Jembatan ini menjadi bagian dari proyek pembangunan Kali Galeh yang terdiri atas empat unit senilai miliaran rupiah. Presiden Joko Widodo sendiri meresmikannya Juni 2017 lalu. Tujuan dari pembangunan adalah untuk mempercepat mobilisasi orang dan logistik di desa sehingga perekonomian masyarakat terangkat.

Jembatan Galeh di di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Jembatan Galeh di di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. [image source]
Sebelum dibangun jembatan ini, masyarakat harus memutar jauh terlebih dahulu untuk beraktivitas. Kini jembatan ini tidak saja dilintasi masyarakat, juga banyak masyarakat terutama anak muda yang menjadikan jembatan ini latar untuk berfoto. Jembatan ini memiliki pemandangan dengan latar belakang Gunung Sumbing yang megah dan indah.

Jembatan Kuning Bali

Jembatan Kuning Bali.
Jembatan Kuning Bali. [image source]
Jembatan ini menghubungkan Pulau Nusa Lembongan dengan Nusa Ceningan, Klungkung Bali. Sebelumnya jembatan yang dibangun pada 1996 ini roboh pada Oktober 2016 lalu dan menewaskan tujuh orang. Selama ini jembatan kuning keberadaannya vital bagi masyarakat kedua pulau sebagai akses transportasi. Melalui instruksi Presiden Joko Widodo, Kementerian PUPR membangun jembatan tersebut dan diresmikan Maret 2017 lalu.

Jembatan Kuning di Nusa Ceningan, Bali.
Jembatan Kuning di Nusa Ceningan, Bali. [image source]
Jembatan yang hanya bisa dilalui sepeda motor ini juga biasa disebut jembatan cinta. Mengingat dengan latar panorama kepulaun yang indah, banyak wisatawan yang berfoto berpasangan di atas jembatan. Bahkan tidak jarang digunakan sebagai tempat pengambilan foto prewedding. Ketika malam hari jembatan ini dihiasi lampu-lampu sehingga tampak lebih indah.

Jembatan Krinjing

Jembatan Gantung Krinjing di Magelang, Jawa Tengah.
Jembatan Gantung Krinjing di Magelang, Jawa Tengah. [image source]
Jembatan Gantung Krinjing menghubungkan Desa Paten dan Desa Jombong ke Desa Krinjing di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jembatan sepanjang 90 meter ini dibangun bersama dengan Jembatan Gantung Mangunsuko sejak setahun lalu. Jembatan ini telah selesai dan baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo Senin (18/9/2017) kemarin. Struktur bangunan yang kokoh dengan panorama alam pedesaan di sekitarnya yang indah membuat banyak masyarakat menjadikan jembatan ini sebagai latar berfoto.

Jembatan Krinjing di Magelang, Jawa Tengah.
Jembatan Krinjing di Magelang, Jawa Tengah. [image source]

Jembatan Cipamingkis

Letaknta di Kampung Jagaita, Desa/Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor ini sempat ambles pada Kamis (13/4/2017) lalu. Karena menjadi akses vital bagi transportasi masyarakat sekitar, Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat membangun jembatan sepanjang 20 meter ini.

Jembatan Cipamangkis di Kabupaten Bogor.
Jembatan Cipamangkis di Kabupaten Bogor. [image source]
Di sampingnya juga dibangun jembatan darurat yang terbuat dari kayu yang dimanfaatkan warga untuk melintas sementara waktu. Kini proyek jembatan tersebut sudah hampir rampung. Sejumlah warga juga memanfaatkannya untuk berfoto, baik jembatan gantung yang sudah hampir rampung maupun di jembatan darurat dari kayu.

Jembatan Cipamangkis di Kabupaten Bogor.
Jembatan Cipamangkis di Kabupaten Bogor. [image source]
Nah, itulah jembatan-jembatan gantung baru yang dibangun selama dua tahuna terakhir, Instagenic bukan?

Tags
Bali Bogor Indonesia Jembatan Jokowi Magelang
Share