Patut Bangga, Jembatan-jembatan di Indonesia Sangat Megah dan Gagah

Kebangaan pada negeri sendiri yang Teman Traveler miliki, sudah sepantasnya tidak habis-habis. Pesona wisata alamnya, wisata belanja dan kulinernya, semua membanggakan. Selain itu, masih banyak hal lain yang membanggakan, salah satunya adalah bangunan bersejarah hingga jembatan megah. Bicara mengenai jembatan megah, Indonesia juga mempunyainya. Apa saja jembatan di Indonesia yang membanggakan?

1. Jembatan Suramadu

Kemegahan Jembatan Terpanjang di Indonesia
Kemegahan Jembatan Terpanjang di Indonesia via Instagram/yosephatsuryos

Bicara mengenai jembatan panjang dan megah di negeri ini, Suramadu adalah juaranya. Jembatan Suramadu dibangun untuk bantu mengoptimalkan pembangunan Pulau Madura yang potensial. Panjangnya adalah 5.438 meter. Ia menghubungkan Pulau Jawa dan Madura. Mulai dibangun pada 2003, jembatan ini diresmikan pada 2009 lalu. Didesain sedemikian rupa, jangan tanya soal kemegahannya.

2. Jembatan Pasupati

Keindahan Pasupati Saat Malam
Keindahan Pasupati Saat Malam via Instagram/amos_st

Teman Traveler dari daerah Bandung, sudah pasti hafal betul dengan salah satu jembatan di Indonesia yang panjang dan megah ini. Jembatan Pasupati atau singkatan dari Jalan Pasteur dan Jalan Surapati ini merupakan jembatan layang yang mempunyai nilai sejarah. Sudah dirancang sejak 1920 oleh arsitek Ir. Karsten, jalur penghubung ini baru mulai dibangun pada 2005.

Keberadaan Jembatan Pasupati sangat membantu mobilitas dari masyarakat utara Kota Bandung yang akan ke timur, juga sebaliknya. Kemegahan jembatan ini dibangun melewati lembah Cikapundung.

3. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera Kebanggan Palembang dan Indonesia
Jembatan Ampera Kebanggan Palembang dan Indonesia via Instagram/aldilarach

Jembatan di Indonesia yang membanggakan dan menjadi destinasi wisata selanjutnya adalah Ampera. Salah satu ikon Kota Palembang ini berfungsi menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Jembatan yang pada zaman dulu bisa dioperasikan naik dan turun untuk lalu lintas kapal besar tersebut, digagas pertama kali sejak 1906 oleh Walikota Palembang ketika itu, Le Cocq de Ville. Namun, jembatan ini mulai dibangun pada 1962.

4. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah

Jembatan Siak yang Juga Megah dan Indah
Jembatan Siak yang Juga Megah dan Indah via Instagram/arifanshari

Berada di Provinsi Riau, tepatnya di Kota Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau, jembatan panjang ini melintas dengan gagah di atas Sungai Siak. Keberadaannya menjadi penghubung antara dearah-daerah di Siak yang terpisah. Nama jembatan ini diambil dari nama permaisuri Sultan Syarif Kasim II, yang merupakan sultan terakhir dari Kerajaan Siak yang memerintah dari 1915 sampai 1946. Panjangnya mencapai 1.196 meter dan mulai dibangun pada 2002 lalu.

5. Jembatan Barito

Jembatan Barito Kalimantan yang Tak Kalah Megah
Jembatan Barito Kalimantan yang Tak Kalah Megah via Instagram/tri_noviatri3

Melintang dengan megah di atas Sungai Barito, Kalimantan Selatan, jembatan panjang dan megah di Indonesia ini terbagi menjadi jembatan utama dan pendekat. Masing-masing panjangnya 902 meter dan 180 meter, sehingga total panjangnya adalah 1.037 meter. Jembatan kebanggaan Indonesia ini diresmikan pada 1997 lalu.

Selain ke lima jembatan tersebut, Indonesia masih punya jembatan panjang dan megah lain. Di antaranya adalah Jembatan Merah Putih di Ambon, Jembatan Mahakam Ulu dan Jembatan Rumpiang serta lainnya, semua megah dan membanggakan.

Tags
Indonesia jembatan megah Wisata
Share