Atraksi Air Mancur Terpanjang di Dunia yang Bikin Takjub

Air mancur adalah atraksi yang umumnya ada di kota-kota besar. Kamu bisa menemukannya di Alun-alun atau taman kota. Bentuknya pun beragam dan unik serta menampilkan sebuah pertunjukan tersendiri. Seperti yang ada di Korea Selatan bernama Jembatan Banpo.

1. Jembatan Air Mancur Warna-warni

Banpo
Banpo via CeritaKorea.com

Jembatan Banpo dilengkapi dengan atraksi air mancur yang keren di sisi-sisinya. Di waktu tertentu saat malam hari, pengendara atau wisatawan bisa melihat air mancur yang membiaskan cahaya warna-warni. Kemudian masih dipercantik lagi dengan gerakan-gerakan seolah-olah sedang manari.

2. Jembatan Terpanjang di Dunia

Jembatan Banpo
Jembatan Banpo via Flickr

Letak Jembatan Banpo ini berada di Kota Seul dan menjadi air mancur terpanjang yang ditetapkan oleh Guinness World Record. Pada bagian jembatan terdapat sekitar 10.000 LED yang terpasang pada lintasan sejauh 1.140 meter. Kemudian memiliki kemampuan untuk menembakkan 190 ton air per menit.  Air mancur yang memancarkan cahaya warna-warni tersebut mulai dipasang pada tahun 2009 dan akan mempercantik Kota Seoul. Untuk mengoperasikan air mancur, dibutuhkan 38 pompa air dengan 380 nosel di kedua sisinya.

3. Air Mancur Menari di Surabaya

Air Mancur Menari di Surabaya
Air Mancur Menari di Surabaya via twitter.com

Korea Selatan bukan satu-satunya negara yang punya Jembatan dengan atraksi air mancur. Indonesia juga punya di Surabaya. Air mancur menari di Kota Pahlawan diresmikan pada 9 Juli 2016. Kamu bisa datang saat Hari Sabtu pukul 20.00 untuk melihatnya beroperasi selama 60 menit. Letak air mancur berada tak jauh dari jembatan.

4. Jembatan Air Mancur di Semarang

Pembangunan Jembatan
Pembangunan Jembatan via rakyatjateng.fajar.co.id

Dalam waktu dekat, Semarang juga akan memiliki atraksi serupa untuk mempercantik kota. Bahkan setelah selesai nanti akan menjadi Jembatan Air Mancur yang pesonanya mirip degan Jembatan Banpo Korea Selatan. Lokasi pembangunannya adalah jembatan Banjir Kanal Barat. Poyek miliaran rupiah tersebut akan selesai pada tahun 2018.

Kalau Indonesia punya banyak ikon wisata seperti jembatan air mancur, diharapkan kunjungan wisatanya juga akan meningkat. Keren sekali bukan? Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Korea untuk melihat jembatan air mancur.

Tags
Indonesia semarang Surabaya
Share