Diduga Tertipu Agen Travel Umrah, 175 Jemaah Asal Kalimantan Selatan Terlantar di Jakarta

Advertisement

Memilih agen perjalanan memang susah-susah gampang. Kamu harus super teliti, jeli, dan punya kesabaran lebih untuk bisa menemukan agen perjalanan yang terpercaya dan sesuai budget. Tak terkecuali jika kamu ingin melakukan perjalanan umrah.

Memilih agen travel untuk umrah, haruslah dipikirkan dengan matang. Hal ini demi menghindari terkena tipu. Seperti ratusan calon jemaah umrah yang berasal dari Kalimantan Selatan ini. Mereka diduga tertipu oleh agen travel umrah yang telah mereka berikan kepercayaan.

Ditipu oleh agen travel

Sebanyak 175 jemaah umrah yang berasal dari Kalimantan Selatan harus terlantar di Jakarta. Mereka ditampung di masjid UPT Asrama Haji Jakarta. Para jemaah itu mendaftar di PT Naila Syafaah Wisata Mandiri yang berpusat di Tanggerang, Banten. Mereka seharusnya dijadwalkan untuk berangkat pada 28 September 2022 lalu.

Foto via

Ternyata, diketahui bahwa PT Naila Syafaah Wisata Mandiri memiliki banyak kasus gagal berangkat dan wanprestasi pelayanan. Agen travel tersebut sudah diberi peringatan untuk tidak menerima jemaah umrah baru di seluruh cabangnya. Para jemaah telah membayar lunas total biaya perjalanan sebesar Rp31 juta.

Pihak travel tidak dapat duhubungi

Para jemaah yang kecewa, mencoba menghubungi pihak travel Naila Syafaah namun tidak bisa. Kemenag masih mengupayakan pihak travel untuk bertanggung jawab. Kemenag berharap kasus ini dapat segera diatasi, sehingga para jemaah bisa berangkat. Jika tidak pun, pihak travel dapat mengembalikan biaya para jemaah agar mendaftar umrah dengan agen tavel yang lain.

Foto via Antara News

Kemenag juga memberikan pesan untuk lebih berhati-hati dalam memilih agen perjalanan umrah. Dikutip dari Cnnindonesia.com, pihak Kemenag meminta masyarakat mengecek agen travel tersebut apakah sudah terdaftar atau belum di Kanwil. Masyarakat juga diminta melakukan pengecekan sebelum mendaftar umrah, seperti tiket, visa, hotel, dan agen travel itu sendiri.

Cara pengecekan agen umrah

Berikut adalah cara melakukan pengecekan agen travel umrah. Masyarakat dapat membuka situs resmi Simpu.kemenag.go.id lalu klik menu PPIU (Penyelenggara Perjalnan Ibadah Umrah). Kemudaan pilih menu pencarian mendetail berdasarkan provinsi dan klik nama provinsi yang sesuai dengan domisili.

Foto via DetikWikipedia

Masyarakat wajib mngetahui bahwa agen travel umrah yang mereka pilih memilliki izin umrah dan izin resmi haji, atau SK Dirjen Haji dan Umrah Kementerian Agama RI. Tak hanya itu, dalam situs resmi tersebut, masyarakat dapat melihat rekam jejak, fasilitas, dan cara pembayaran serta menyediakan pembimbing umrah.

Semoga para jemaah yang terlantar segera mendapatkan solusi, sehingga mereka tidak terlantar di Jakarta dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, perlu berhati-hati setiap memilih agen travel umrah dengan melihat di situs resmi maka tidak perlu khawatir kejadian serupa akan terulang kembali.

Advertisement
Tags
agen perjalanan umrah agen travel umrah jemaah kalimantan selatan jemaah terlantar kemenag kemenag RI umrah 2022
Share