Jelajah Koeboeran Londo, Uji Nyali ala Pemburu Misteri

Advertisement

Kota Malang begitu populer dengan berbagai tempat wisata yang dimilikinya mulai dari alam, buatan bahkan sejarah. Teman Traveler yang ingin menggali lebih dalam terkait sejarah bisa menikmati Dark Tourism. Jelajah Koeboeran Londo diinisiasi Pokdarwis Kuburan Londo mengusung Urban Legend yang mengajak Teman Traveler Menyingkap Tabir Sejarah yang Terkubur di kompleks Tempat Pemakaman Umum Sukun. Berikut ulasannya!

Lokasi Strategis 

Nisan di Kibur Londo (c) Ucie Mickey/Travelingyuk

TPU Sukun berada di Kecamatan Sukun tepatnya 2,7 km dari Alun-alun Kota Malang. Lokasinya yang strategis tentu memudahkan Teman Traveler untuk berwisata sejarah ke sini. TPU Sukun sering disebut dengan kuburan londo oleh masyarakat Malang. Makam seluas 12 hektar ini sudah ada sejak era kolonial sekitar tahun 1919. Sehingga begitu memasuki area ini, gravitasi misteri sekaligus mistias akan terasa begitu kental.

Arsitektur Kuburan

Patung di Kubur Londo (c) Ucie Mickey/Travelingyuk

Tampak depan pemakaman suasana sudah terasa mistis dengan adanya gerbang kokoh yang menjulang tinggi. Pintu gerbang rancangan Herman Thomas Carsten tersebut bertuliskan Europese Begraafplaats Seokoen Te Malang. Pintu gerbang Kuburan Londo terbilang cukup besar, karena pada zaman terdahulu, orang yang akan memakamkan keluarganya di kuburan tersebut menggunakan kereta jenazah yang berukuran cukup besar.  

Tugu di Kubur Londo (c) Ucie Mickey/Travelingyuk

Pada beberapa makam, terdapat dacth atau cungkup untuk melindungi makam agar tidak rusak. Batu nisan di TPU ini terbuat dari batu-batuan langka yang berharga. Makam Belanda biasanya ada kaitan untuk tirai, tempatnya luas dan bagus tergantung keluarganya. Pada area Kuburan Londo ini ada 2 bunker yang berisikan 900 mayat. Lalu terdapat kompleks makam Pastoran yang setiap tahun tanggal 4 November ada misa arwah sebagai penghormatan.

Salah Satu Batu Nisan (c) Ucie Mickey/Travelingyuk

Hal yang tidak kalah menarik dari Kuburan Londo ini adalah Tugu Jepang. Tugu tersebut merupakan pemakaman masal warga Jepang yang tinggal di Malang baik sipil maupun tentara. Tugu ini terbuat dari marmer Tulungagung. Hal unik dari tugu tersebut adalah terdapat lubang kecil untuk tempat sake.

Pemakaman Tokoh-tokoh Penting

Tugu Jepang (c) Ucie Mickey/Travelingyuk

Selain menjadi pemakaman orang Belanda pada jaman dulu, pada Kuburan Londo juga terdapat makam tokoh-tokoh penting. Mulai dari makam Pieter A Allaris, tokoh Freemason di Kota Malang yang meninggal pada tahun 1941. Makam Pastor Joseph Wang CDD pendiri Sekolah Katolik Kolese Santo Yusup atau yang sering disebut Hwa Ind. Makam Wongso Indrajit mantan petinju juara WBC Internasional pada era 80an.

Pemandu Wisata (c) Ucie Mickey/Travelingyuk

Tidak hanya itu, Teman Traveler juga dapat menemukan Makam G. Chr. Renardel De Lavallete pendiri salah satu rumah sakit tertua di Kota Malang, RS Lavallete bersebelahan bersama istrinya, pendiri Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Johannes Emde hingga makam Madam Dollira Chavid, pendiri lokalisasi terbesar Asia Tenggara Dolly yang bersemayam di Kuburan Londo ini.

Waktu Tour

Kubur Londo saat Malam (c) Ucie Mickey/Travelingyuk

Jelajah Koeboeran Londo dapat Teman Traveler nikmati setiap malam Jumat mulai pukul 08:00 WIB dengan membayar Rp35.000 per orang. Teman Traveler dapat berkeliling Kuburan Londo yang dipandu langsung oleh Pokdarwis Kuburan Londo sehingga tidak perlu khawatir ketinggalan informasi sejarah yang ada di sini.

Kubur Londo (c) Ucie Mickey/Travelingyuk

Tour ini tentu sangat cocok bagi Teman Traveler yang tertarik akan sejarah karena dapat menambah ilmu pengetahuan. Teman Traveler yang suka memburu misteri juga sangat disarankan untuk mengunjungi kuburan ini! Bahkan bagi Teman Traveler yang ingin mencari pengalaman baru pada sisi berbeda Kota Malang, maka Kuburan Londo ini dapat menjadi pilihan yang sempurna. Pastikan untuk berkunjung pada waktu yang telah ditentukan ya!

Advertisement
Tags
Jelajah Kubur Londo di Malang Kubur Londo Kubur Londo Malang
Share