Sehari Jelajah Chiang Rai, Bertemu Buddha Terbesar

Wisata Thailand tersebar ke seluruh penjuru negaranya. Negeri Gajah Putih ini terbagi dalam beberapa wilayah, salah satunya adalah Thailand Utara. Mendengar Thailand Utara, tak lengkap rasanya kalau tidak berkunjung ke Chiang Rai. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi di kota ini. Berikut ini cerita perjalanan seru sehari jelajah Chiang Rai.

Mengenang Raja di King Mengrai Monument

Jelajah Chiang Rai
King Mengrai Monument (c) Travelingyuk/Sunti Yogi Utami

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi adalah King Mengrai Monument. King Mengrai merupakan raja pertama Kerajaan Lanna. Wilayah kerajaan ini meliputi Chiang Mai dan Chiang Rai serta sebagian dari Laos.

King Mengrai membangun kerajaannya pertama kali dari Chiang Rai dulu, lalu memutuskan untuk membuat Chiang Mai sebagai ibu kota dari kerajaannya. Monumen King Mengrai dibuat untuk mengenang beliau dan banyak masyarakat yang datang untuk mendoakannya setiap pagi.

Golden Clock Tower yang Mirip Tugu Jogja

Golden Clock Tower (c) Travelingyuk/Sunti Yogi Utami

Setelah dari King Mengrai monument, perjalanan berlanjut ke Golden Clock Tower. Waktu perjalanan yang ditempuh hanya menghabiskan sekitar 10 menit. Golden Clock Tower ini berbentuk tugu yang dilengkapi jam, persis seperti yang ada di Jogja.

Tujuan dari pembangunan Golden Clock Towre adalah untuk menghormati King Bhumipol. Kalau datang ke sini pada jam 19.00, 20.00, dan 21.00, nantinya akan ada suara dan cahaya yang keluar bergantian dari tower ini.

Black House dengan Nuansa Unik

Baan Dam alias Black House (c) Travelingyuk/Sunti Yogi Utami

Tempat selanjutnya adalah Black House atau dalam bahasa Thailand disebut Baan Dam. Alasannya dinamakan Black House karena warna bangunannya hitam. Tempat ini merupakan rumah museum yang menyimpan karya seorang arsitektur bernama Mr. Thawan Duchanee.

Jelajah Chiang Rai
Karya Seni di Black House (c) Travelingyuk/Sunti Yogi Utami

Jika masuk ke dalam, nantinya kamu akan menemukan berbagai hasil karya yang unik-unik. Harga tiket masuknya 80 Baht dan jaraknya dari White Temple sekitar 45 menit dengan naik motor.

Wat Huay Pla Kung dengan Patung Buddha Terbesar

Jelajah Chiang Rai
Wat Huay Pla Kung Temple (c) Travelingyuk/Sunti Yogi Utami

Temple lain yang harus kalian kunjungi selain White Temple ada Wat Huay Pla Kung Temple. Tempat ini berjarak kira-kira 30 menit dari Black House. Jalan ke kuil ini terkesan asri karena bisa melihat pemandangan gunung yang ada di Chiang Rai.

Deretan Bendera (c) Travelingyuk/Sunti Yogi Utami
Jelajah Chiang Rai
Suasana Temple (c) Travelingyuk/Sunti Yogi Utami

Hal unik dari Wat Huay Pla Kung ini adalah patung Buddha yang super besar dan lebih besar dari Big Buddha yang ada di Phuket. Masuk ke kuil instagramable di Thailand ini gratis dan diberi makanan cuma-cuma pula. Makanan tersebut semacam kwetiau namun dengan rasa yang asing di lidah Indonesia.

Kwetiau (c) Travelingyuk/Sunti Yogi Utami

Itulah beberapa tempat yang bisa dikunjungi dalam sehari jelajah Chiang Rai. Sebaiknya jika berkunjung ke sini sempatkanlah juga untuk datang ke Laos. Semoga bermanfaat dan happy traveling!

Tags
Jelajah Chiang Rai kontributor Luar negeri Thailand Travelingyuk wisata thailand
Share