Jamu Pasar Legi Kotagede, Klasik dengan Racikan Otentik

Jika ingin mencari pengalaman wisata kuliner yang berbeda di Jogjakarta, Teman Traveler bisa pertimbangkan mencicipi jamu Pasar Legi Kotagede. Ya, pasar di kawasan yang terkenal dengan kerajinan perak tersebut memiliki penjual jamu dengan cita rasa otentik.

Diracik dengan Cara Klasik

Proses membuat jamu (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Pasar Legi Kotagede beralamat di Jalan Mandorakan no 172 B, Jogjakarta. Di dalamnya Teman Traveler bisa menemukan banyak penjual tawarkan makanan dan minuman tradisional, jamu salah satunya.

Cara pembuatan jamu di sini bisa dibilang sangat klasik karena menggunakan metode lama. Bahan-bahan yang ada akan diracik langsung dengan tangan, sesuai pesanan dari pelanggan. Cukup menarik ya Teman Traveler?

Murah Meriah

Jamu beras kencur (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Uniknya, jamu di sini tidak disajikan dalam gelas, melainkan batok kelapa. Seporsinya dihargai Rp5.000 saja. Sangat murah. Harga tersebut sudah termasuk satu batok berisi legen, campuran gula dan asam jawa. Teman Traveler bisa meminumnya untuk menetralisir rasa getir dari jamu.

Beragam Pilihan Jamu Berkhasiat

Jamu Kunir Asem (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Teman Traveler bisa membeli beragam jamu di sini. Jamu beras kencur biasanya paling dicari para penyanyi karena diyakini bisa membuat suara makin merdu. Bagi yang ingin menjaga kebugaran tubuh, boleh memesan kunyit asam atau kunir asem. Selain itu ada juga jamu pegel linu untuk para pekerja fisik dan juga jamu galian singset untuk para perempuan.

Jamu pesanan bisa langsung diminum di tempat atau dibawa pulang dengan kemasan plastik. Oh ya, rata-rata jamu di Pasar Legi Kotagede diracik menggunakan resep turun-temurun lho. Rasanya dijamin beda dibanding jamu lain Teman Traveler.

Dijual Dalam Kondisi Segar

Batok kelapa berisi legen (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Jamu di Pasar Legi Kotagede selalu fresh karena dibuat menggunakan bahan baku anyar dan dibuat pada hari itu juga. Menurut saya rempahnya lebih berasa dan ada sensasi segar yang beda ketika menyentuh mulut.

Teman Traveler tak perlu bingung memilih, ada banyak deretan penjual jamu di sini. Semuanya sama-sama recommended. Kalian tinggal duduk di depan salah satu mbok jamu dan membuat pesanan.

Deretan jamu dalam kemasan botol (c) Rachma Muslika/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang kurang suka minum jamu, saya sarankan untuk sekalian membeli legen. Campuran gula aren, gula jawa, dan asam jawa ini sangat ampuh untuk menghilangkan rasa getir usai menenggak jamu.

Itulah sedikit pengalaman saya mencicipi jamu Pasar Legi Kotagede. Tak cuma klasik dan otentik, jamu di sini benar-benar tawarkan sensasi rasa yang beda. Teman Traveler wajib mampir jika sedang habiskan liburan di Jogja.

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor kuliner Jogja kuliner jogjakarta Travelingyuk
Share