Jalur Pusuk, Jalanan Istimewa di Lombok yang Sayang untuk Dilewatkan

Advertisement
Advertisement

Meski luluh lantak diguncang gempa, Lombok masih menyimpan pesona alam yang memanjakan mata. Jika Teman Traveler berencana berkunjung ke Lombok, jangan lewatkan untuk singgah atau melewati Jalur Pusuk. Yap, jalanan istimewa yang diselimuti pemandangan perbukitan yang hijau nan asri. Seperti apa keindahan jalan ini? Berikut penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Sidik Al-Anshori.

Jalur Penghubung Lombok Barat dan Utara

Jalur Pusuk
Jalur Pusuk (c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Jalur pusuk merupakan jalan yang biasa dilewati oleh wisatawan untuk menuju ke Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Barat. Untuk melaluinya kita hanya perlu menuju arah utara di simpang empat Rembiga, Kota Mataram. Nama Pusuk sendiri berasal dari bahasa sasak yang berarti puncak. Jadi jalur pusuk merupakan jalan raya yang melewati puncak bukit dengan hutan yang masih terjaga. Tentunya Teman Traveler tidak akan menyesal melewati jalan ini.

Jalur Pusuk
Sudut lain Jalan di Pusuk (c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

2. Kelokan Jalan yang Memacu Adrenalin

Jalur Pusuk
Kelokan di Jalanan (c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Jalanan yang memecah hutan ini menghadirkan sensasi menakjubkan. Keasrian pepohonan hijau yang masih terjaga membuat siapapun terpana. Belum lagi udara segarnya, karena lokasinya yang berada di ketinggian. Namun jangan salah, siapapun yang berkendara di sini harus berhati-hati. Pasalnya, treknya cukup menantang dengan banyak kelokan tajam.

Sejuknya Jalur Pusuk
Sejuknya jalur penghubung dua kabupaten(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

4. Pemandangan Hutan hingga Pantai di Kejauhan

Jalur Pusuk
Pemandangan perbukitan hingga lautan (c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Selain jajaran pohon yang rimbun, ternyata ada pemandangan lain yang bisa dinikmati saat perjalanan. Yap, perbukitan hijau yang nampak menyejukkan dari kejauhan. Pesona alam ini berpadu cantik dengan lautan biru. Tentunya, Teman Traveler akan merasa takjub dengan keindahan alam yang disuguhkan di sini.

5. Habitat Monyet yang Menggemaskan

Monyet Menggemaskan
Pemandangan hutan dengan monyet menggemaskan (c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Potret lain dari Jalur Pusuk yang tak kalah mencuri perhatian adalah habitat monyet. Yap, di sepanjang pinggir jalan, Teman Traveler dapat melihat tingkah lucu hewan satu ini. Pun menggemaskan, harap hati-hati ketika singgah di kawasan ini. Apalagi bagi yang memakai aksesoris yang sedikit mencolok. Bisa jadi bakal menjadi sasaran monyet untuk direbut.

Memberi Makan Si Monyet
Si Monyet di Jalan(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Jadi itulah Jalur Pusuk di Lombok yang siap membuat Teman Traveler terpesona. Meski Pulau Lombok baru saja terkena bencana, pesonanya alamnya tidak pernah pudar. Jadi, siap untuk lewat jalur dengan pemandangan eksotis ini?

Advertisement
Tags
Indonesia Lombok Nusa Tenggara Barat Travelingyuk wisata lombok
Share