Pernah Dilalui Charlie Chaplin, Jalur KA di Jawa Barat Akan Difungsikan Kembali

Menggunakan moda transportasi kereta sangat mempermudah perjalanan ke luar kota karena dirasa lebih efisien. Berita baik nih bagi Teman Traveler yang sedang berada di Jawa Barat. Karena jalur Cibatu-Garut yang telah 37 tahun mangkrak ini akan segera diaktivasi. Kabarnya jalur KA di Jawa Barat ini juga pernah dilalui oleh tokoh komedian legendaris dunia yakni Charlie Chaplin! Simak informasinya lebih lanjut yuk!

Rute yang Akan Direaktivasi

Lintasan di Stasiun Cibatu via Instagram/titoariyanto

PT KAI akan mengaktifkan kembali empat jalur kereta api yang telah mangkrak puluhan tahun tersebut. Keempat lintasan tersebut adalah rute Cibatu-Garut-Cikajang sepanjang 47,5 kilometer, rute Rancaekek-Tanjungsari sepanjang 11,5 kilometer, rute Banjar-Pangandaran-Cijulang sepanjang 82 kilometer, dan rute Bandung-Ciwidey sepanjang 37,8 kilometer.

Seperti yang diberitakan Kompas.com, menurut kepala Humas Agus Komarudin reaktivasi ini telah mendapat dukungan dari pemerintah pusat dan daerah. Tujuannya ialah untuk mendorong daerah tersebut lebih maju dalam pertumbuhan ekonomi.

Mangkrak Selama 37 Tahun

Kereta di Stasiun Cibatu via Instagram/fahri.h9207

Proyek reaktivitas jalur kereta Cibatu Cikajang telah dihentikan operasionalnya sejak tahun 1982 yakni selama 37 tahun. Dilansir dari Kompas.com, Agus Komarudin menyatakan tahap awal pekerjaan rute Cibatu-Garut telah dilakukan, yakni sosialisasi, mapping, pekerjaan area di Stasiun Cibatu, persiapan rebuilding depo lokomotif atau kereta, dan penertiban bangunan yang berada di sepanjang jalur.

Pemberian Dana Bongkar Kepada Warga Sekitar

Jalur 3 Stasiun Cibatu via Instagram/fahri.h9207

Proyek yang berasal dari PT KAI ini ditargetkan akan selesai di akhir tahun 2019. Karena termasuk proyek dari KAI, perusahaan tersebut telah memberikan dana bongkar kepada warga. Agus mengatakan “Setelah menerima uang bongkar, masyarakat secara sukarela membongkar bangunannya sendiri karena mereka menyadari bahwa bangunannya berada di atas aset KAI” dikutip dari Kompas.com.

Pernah Dilalui Charlie Chaplin

Jokowi lakukan peninjauan via Instagram/defnaputra

Memiliki makna historis, jalur ini pernah dilalui oleh pelawak legendaris dunia yakni Charlie Chaplin. Dikutip dari Kompas.com, Presiden Joko Widodo menyebut bahwa Chaplin pernah melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api dari Bandung menuju Garut.

Beliau menjajakan kaki di Stasiun Cibatu pada tahun 1927 dan 1935. “Charlie Chaplin ke sini loh betul. Dua kali lagi. Karena melihat keindahan ini, naiknya kereta api” ujar Jokowi.

Wah menarik banget ya ternyata tokoh komedian terkenal Charlie Chaplin juga pernah mengunjungi Stasiun Cibatu pada tahun tersebut. Semoga dengan adanya rekativasi jalur KA di Jawa Barat ini bisa mempermudah perekonomian warga sekitar dan liburan Teman Traveler nantinya.

Tags
Akomodasi Indonesia jalur kereta api jawa barat Jawa Barat kereta
Share