Uji Adrenalin! Jalur Ekstrim Tumpak Sewu dari Kabupaten Malang

Tumpak Sewu Waterfall via Shutterstock

Siapa yang tidak kenal dengan Tumpak Sewu, air terjun yang memiliki eksotisme ini. Terletak antara Kabupaten Malang dan Lumajang ini tidak pernah sepi pengunjung baik weekend maupun weekday. Hal ini dikarenakan lokasi dari Tumpak Sewu yang dekat dengan kawasan wisata bali baru atau destinasi unggulan BTS (Bromo Tengger Semeru).

Sebagai destinasi wisata unggulan yang berada di dua kabupaten berbeda, wisata ini memiliki dua akses yang berbeda dan memiliki karakteristik juga keunikannya sendiri. Masing-masing akses menyuguhkan sensasi yang berbeda-beda, baik dari sisi pemandangan hingga pacu adrenalin yang bisa Teman Traveler rasakan dari akses menuju dasar air terjun. Yuk simak seperti apa sih akses menuju ke Air Terjun Tumpak Sewu ini.

Pintu Masuk Tumpak Sewu Malang

Pintu Masuk Tumpak Sewu Jalur Malang (c) Arif Harianto/Travelingyuk

Berbeda dengan jalur Lumajang dimana Teman Traveler harus membayar dua tiket masuk, karena ada dua loket di jalur tersebut. Loket yang pertama berada di pintu masuk atas, dari sini Teman Traveler bisa menikmati pemandangan Tumpak Sewu dari ketinggian. Loket yang kedua berada di jalur menuju dasar aliran air terjun, karena lokasi tersebut berada di Kabupaten Malang.

Jika melalui jalur Ampelgading, Kabupaten Malang, Teman Traveler cukup membayar 1 tiket masuk saja. Namun ada konsekuensi yang harus dibayar mahal, jalur ini terbilang jalur yang extreme atau bisa dibilang tidak family friendly.

Jalan Setapak

Akses Menuju Tumpak Sewu (c) Arif Harianto/Travelingyuk

Dimulai dengan jalan setapak melewati kebun salak milik warga, dan menuruni sedikit turunan. Spot yang pertama ini, Teman Traveler akan langsung disuguhkan dengan pemandangan mempesonanya Air Terjun Tumpak Sewu yang indah dari atas.

Pemandangan Indah Air Terjun dari Atas

Tumpak Sewu dari Ketinggian (c) Arif Harianto/Travelingyuk

Pemandangan epic dan instagramable dari Tumpak Sewu tanpa harus turun ke bawah untuk mendekat ke air terjunnya.

Jalan Ekstrim menuju Air Terjun

Jalur Menuju Tumpak Sewu dari Malang (c) Arif Harianto/Travelingyuk

Tapi, buat Teman Traveler yang masih belum lega dan ingin yang segar-segar, boleh banget untuk turun ke bawah dengan melalui jalur ekstrim.

Jalur Ekstreme menuju Tumpak Sewu (c) Arif Harianto/Travelingyuk

Tidak selalu posisinya 80-90 derajat kemiringan jalur akses melalui anak tangga, ada juga tempat yang tingkat kemiringannya terbilang datar yang lumayan lebar untuk Teman Traveler beristirahat meregangkan otot-otot yang lelah sebelum melanjutkan perjalanan.

Jalan Akses yang Semakin Kecil menuju Tumpak Sewu (c) Arif Harianto/Travelingyuk

Semakin kebawah, semakin kecil pula anak tangga yang Teman Traveler lewati, dengan tingkat kemiringan yang semakin menegangkan. 

Jalur Menuju Air Terjun (c) Arif Harianto/Travelingyuk

Jika berpapasan dengan pengunjung lain yang kembali dari air terjun, Teman Traveler harus bergantian untuk mengakses jalan ini.

Pemandangan Eksotik Menanti

Tumpak Sewu (c) Arif Harianto/Travelingyuk

Setelah melewati gunung dan lewati lembah, Teman Traveler akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa dari Tumpak Sewu. Benar-benar hilang rasa lelah setelah melewati jalur extreme yang meningkatkan adrenalin. Keindahannya memang tiada dua. Teman Traveler seakan-akan berada di 1000 Air Terjun dalam satu waktu, atau berasa di kepung oleh Air Terjun dari segala sisi.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba akses menuju destinasi wisata Tumpak Sewu melalui jalur Ampelgading Kabupaten Malang dengan jalur se extreme itu? Yakin deh nggak akan nyesel.

Tags
Air Terjun Tumpak Sewu Jalur Ekstrim Tumpak Sewu Wisata Kapubaten Malang
Share