Jakarta Aquarium, Wisata Edukasi yang Biarkan Pengunjung Berenang Dengan Hiu

Jakarta, merupakan kota metropolitan. Banyak mall besar dan juga menjadi pusat bisnis. Di sisi lain, banyak kuliner dan wisatanya pun juga menarik untuk dibahas. Dari sekian banyaknya tempat, ada salah satu destinasi wisata edukasi yang sangat pas jika dikunjungi bersama keluarga, tak lain dan tak bukan adalah Jakarta Aquarium. Meski sudah buka sejak tahun lalu, namun diresimkan baru-baru ini oleh Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti. Simak yuk hal menarik yang ada di dalamnya!

Baru Diresmikan

Peresmian Jakarta Aquarium
Peresmian Jakarta Aquarium via Instagram/jakartaglobe

Jakarta Aquarium berlokasi di Neo Soho yang beralamat di Jl. Letjen S. Parman No. Kav. 28, RT 3 RW 5, Kota Jakarta Barat. Sudah didirikan sejak tahun 2017 lalu, namun pada hari Selasa tanggal 16 Oktober 2018 kemarin, Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti baru meresmikan tempat ini. Pihak pengelola memberikan penjelasan bahwa tempat ini merupakan lembaga konservasi yang mengutamakan kelestarian dan keseimbangan hidup satwa. Maka dari itu harus melalui beberapa tahapan dengan proses lebih dari satu tahun.

Sebagai Wisata Edukasi

Papan informasi
Papan informasi via Instagram/jakartaglobe

Jakarta Aquarium sadar akan pentingnya aksi perubahan dan mengusung ide konservasi. Langkah tersebut diambil agar menyadarkan kepada masyarakat banyak agar lebih menghargai kebudayaan dan keindahan laut, serta mengurangi limbah plastik di kehidupan sehari-hari. Selain dapat meihat berbagai spesies ikan, pengunjung yang datang juga diberikan pengetahuan mendasar. Mereka dapat menggunakan tab yang terletak di setiap aquarium untuk menggali informasi. Selain itu, wisatawan dapat mendownload aplikasi Jakarta Aquarium yang bisa diakses dari smartphone masing-masing.

Berenang dengan Ikan Hiu

Suasana berbeda di Jakarta Aquarium
Suasana berbeda di Jakarta Aquarium via Instagram/heldayulistyorini

Pengunjung yang datang akan merasakan sensasi berbeda ketika berada di dalamnya. Terdiri dari 12 zona berbeda, Teman Traveler dapat melihat pertunjukan Pearl of The South Sea yang dilaksanakan setiap hari, Wahana 5D, Pingoo restaurant, Ocean Walkway, Aquatrekking yang membiarkan pengunjung masuk ke dalam aquarium dan berenang bersama hiu, ikan pari, dan masih banyak lagi. Wisata edukasi ini beroperasi setiap hari mulai jam 10.00 hingga pukul 22.00. Pengunjung akan dikenakan tiket masuk mulai dari Rp125 ribu per orangnya.

Tidak Hanya Biota Laut

Terdapat hewan darat
Terdapat hewan darat via Instagram/jakartaaquarium

Terdiri dari 600 spesies hewan darat dari berbagai daerah di Asia Pasifik, Teman Traveler juga dapat melihat beberapa satwa yang tinggal di darat. Beberapa di antaranya adalah ular, komodo, bernag-berang, dan lain-lainnya. Semua hewan yang tinggal di sini diberikan tempat tinggal yang sesuai dengan habitat aslinya. Contohnya seperti ular phyton, suhu aquarium harus disesuaikan dengan tempat tinggal asalnya.

Nah, percaya kan bahwa Jakarta Aquarium merupakan tempat wisata edukasi yang pas jika dikunjungi bersama keluarga. Bisa liburan sambil belajar mengenal hewan lebih dekat. Siap untuk menghabiskan akhir pekan di sini?

Tags
Indonesia Jakarta jakarta aquarium Jawa Barat Wisata wisata jakarta
Share