Jajanan Trenggalek Enak untuk Camilan, Wajib Diborong untuk Oleh-oleh

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki sederetan pantai yang indah. Sebut saja, Bali, Lombok, Pacitan, juga Malang. Trenggalek juga termasuk kota dengan deretan wisata bahari yang menawan. Pastikan Teman Traveler menyempatkan untuk memborong jajanan Trenggalek yang enak. Selain asyik dicamil sendiri, bisa juga dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang kesayangan di rumah.

Alen-alen

Alen – Alen via Instagram @toko_campursari_trenggalek

Bisa dikatakan camilan satu ini merupakan yang paling tidak boleh dilewatkan untuk dibawa pulang. Alen-alen yang terbuat dari tepung tapioka ini berbentuk seperti cincin kecil dengan citarasa gurih. Belakangan ini bermunculan alen-alen dengan aneka rasa untuk mengikuti selera pecinta kuliner masa kini. Seperti rasa sambal balado sampai rasa keju.

Keripik Tempe

Keripik Tempe via Instagram @oleholeh_khas_trenggalek

Teman Traveler yang melewati Kecamatan Pogalan, akan melihat deretan toko penjual keripik tempe yang memang sebagai sentranya. Pembeda keripik tempe Trenggalek dengan daerah lain, terletak pada proses pembuatannya. Kedelai diolah menjadi lembaran tempe yang tipis, setelah matang baru dibuat menjadi keripik. Memang terdapat banyak rasa, tapi pecinta kuliner harus tetap mencicip keripik tempe rasa original.

Sale Pisang

Pisang Dijemur untuk Dijadikan Sale via Instagram @pisangsalenusantara

Sudah tidak asing lagi jika pisang dijadikan berbagai macam olahan seperti keripik pisang hingga pisang nugget yang sedang naik daun. Trenggalek pun memiliki olahan pisang bernama sale pisang. Pisang yang sudah matang di pohon, dipotong berbentuk panjang agak tipis. Diletakkan di atas tampah bambu lalu dijemur di bawah sinar matahari sampai tektur menjadi cukup padat. Rasa manis alami pisang dipadukan dengan aroma bambu, menjadikan jajanan Trenggalek satu ini laris manis di kalangan pecinta makanan manis.

Manco

Manco Wijen via Instagram @mancosuperr

Manco merupakan jajanan Trenggalek yang terbuat dari tepung beras ketan dan dibentuk memanjang maupun agak bulat. Keunikan kudapan satu ini adalah bagian dalamnya berongga alias kopong. Terdapat dua jenis manco, yaitu luarnya dilumuri wijen dan yang disirami gula merah kental, lalu dilapisi beras yang sudah digoreng sangan.

Geti

Geti Wijen Kacang via Instagram @kuliner_fitri

Geti Wijen termasuk jajanan Trenggalek sederhana karena hanya terbuat dari biji wijen lalu dicampur gula merah dan dibentuk kotak memanjang. Mungkin Teman Traveler lebih mengenal geti kacang yang berbahan dasar wijen, gula merah, ditambah kacang tanah cincang kasar.

Catat deretan jajanan Trenggalek yang perlu diborong setelah Teman Traveler selesai jelajah wisatanya. Dapatkan semuanya di pusat oleh-oleh Trenggalek yang berlokasi di Kelurahan Ngantru, tidak jauh dari Alun-alunnya.

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner Oleh-oleh Trenggalek
Share