Jajanan Pontianak, Ada yang Terbuat dari Lidah Buaya yang Bikin Penasaran

Advertisement
Advertisement

Kota Pontianak, ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, sedang merayakan hari jadi ke-247. Serangkaian acara diselenggarakan menyambut haul yang jatuh tepat pada tanggal 23 Oktober ini, sebut saja kompetisi desain logo ulang tahun ke-247 hingga event Pontianak Ekonomi Kreatif& Festival Kuliner 2018. Bagi Teman Traveler yang sedang singgah di daerah ini, bisa menjajal jajanan Pontianak bercitarasa manis seperti ulasan di bawah ini. Apa saja sih?

Lempok Durian

Lempok Durian via Instagram @genikayu
Lempok Durian via Instagram @genikayu

Terkadang ada yang belum mengetahui perbedaan dodol dengan lempok durian, walau terlihat serupa namun keduanya sangat berbeda. Dodol durian ditambah tepung atau ketan, sedangkan lempok hanya berbahan durian asli dan gula saja. Rasa lempok durian kaya dan legit, terutama bagi pecinta buah berduri ini. Jajanan Pontianak satu ini muncul sebab saat panen raya, buah durian begitu melimpah sehingga harus dialokasikan agar tidak membusuk.

Kue Bingke

Kue Bingke via Shutterstock
Kue Bingke via Shutterstock

Bingke berbahan dasar tepung terigu, telur, santan, gula pasir, dan garam, memang cukup mudah didapat di toko maupun pasar tradisional, namun proses pembuatan jajanan Pontianak ini membutuhkan ketelatenan. Sebab harus dipanggang dua kali, pertama di atas kompor kemudian di dalam oven agar bingke matang sempurna, yang memakan waktu total setidaknya satu jam. Kue ini dicetak pada loyang berbentuk daun semanggi kelopak enam, walau ada juga bentuk bundar. Proses memasaknya juga ada dengan cara dikukus yang biasa disebut bingke berandam.

Coklat Cempon

Cokelat Cempon via Instagram @omiyago.id
Coklat Cempon via Instagram @omiyago.id

Coklat Cempon, singkatan dari cemilan Pontianak, berupa penganan berbahan dasar cokelat berupa dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolate. Keunikan penganan ini adalah campuran lidah buaya pada produknya. Cokelat produksi perusahaan Billionaire milik warga Pontianak ini memberdayakan petani cokelat yang ada di Kabupaten Sanggau, 3 jam dari Pontianak. Walau mengusung nama cemilan Pontianak, namun pemilik usaha ini bertujuan panjang untuk menjadikan jajanan Pontianak ini sebagai cokelat khas Kalimantan Barat.

Dodol Lidah Buaya

Dodol Lidah Buaya via Instagram @stevanyifw
Dodol Lidah Buaya via Instagram @stevanyifw

Pontianak sebagai penghasil komoditi lidah buaya, telah menghasilkan bervariasi penganan dan minuman berbahan dasar tanaman yang lebih populer dengan sebutan aloe vera ini. Setelah di atas disebutkan cokelat dengan campuran lidah buaya, ada juga minuman lidah buaya. Tidak ketinggalan dodol lidah buaya pun dipasarkan. Terbuat dari lidah buaya dicampur dengan tepung beras, tepung ketan, gula, dan bahan pelengkap lain.

Daftar jajanan bercitarasa manis yang telah diulas di atas, juga dapat dibawa sebagai oleh-oleh khas Pontianak. Dapat ditemukan di toko pusat oleh-oleh seperti di Jalan Sisingamangaraja Kota Pontianak. Manakah kudapan favorit Teman Traveler?

Advertisement
Tags
Indonesia Jajanan Manis Kalimantan Barat kuliner Pontianak
Share