10 Jajanan Pasar Khas Sulawesi, Tetap Bertahan di Tengah Gempuran Kue Kekinian

Kuliner Sulawesi yang banyak dikenal adalah sop konro, juga cakalang. Selain makanan berat, pulau Indonesia yang dahulunya memiliki nama Celebes juga memiliki banyak jajanan pasar yang rekomended buat dicoba. Nah, inilah 10 jajanan pasar khas Sulawesi yang bisa dicicipi jika kamu sedang berkunjung.

1. Binyolos

Binyolos, via Instagram/marinisupit
Binyolos, via Instagram/marinisupit

Jajanan khas Sulawesi yang pertama adalah binyolos yang begitu populer di Manado. Merupakan kudapan yang terbuat dari kombinasi singkong, terigu, mentega, telur dan juga gula. Biasanya diisi dengan gula merah yang sebelumnya sudah disisir. Rasanya manis dan mengenyangkan. Dipadukan dengan teh hangat, mantap sekali.

2. Lalampa

Lalampa, via Instagram/numpangsaveresep.id
Lalampa, via Instagram/numpangsaveresep.id

Merupakan kuliner yang mirip dengan lemper ataupun arem-arem. Tidak jauh beda dengan lemper, lalampa ini memliki isian ikan masak yang dibumbui. Biasanya, isi dari lalampa ini adalah cakalang ataupun ikan tongkol. Beda dari lemper, lalampa ini dibakar sebentar, jadi aromanya akan wangi.

3. Popaco

Popaco, via Instagram/imblessed_honey
Popaco, via Instagram/imblessed_honey

Ada lagi yang namanya kue popaco, bentuknya menyerupai perahu. Camilan ini disajikan dalam daun pisang dan berbentuk takir. Biasanya kue ini terbuat dari tepung beras, santan, gula, dan tak ketinggalan garam. Selain dinamakan popaco, kuliner ini diberi nama dengan tet ataupun kue lampu-lampu.

4. Tabaro Dange

Tabaro Dange, via Instagram/masakanindonesia1
Tabaro Dange, via Instagram/masakanindonesia1

Sekilas kuliner ini mirip dengan kerak telor khas Betawi. Namun bahan pembuatnya adalah campuran sagu dan parutan kelapa. Untuk isiannya biasanya ditambah gula merah dan suwiran ikan. Namun banyak juga tabaro dange yang disantap versi asli, original. Sepotong tabaro donge dinikmati kala malam hari, bikin suasana makin ramai.

5. Apang Colo

Apang Colo, via Instagram/faniafm
Apang Colo, via Instagram/faniafm

Apang colo merupakan apem yang dipadukan dengan siraman saus gula merah. Bentuknya memang sekilas menyerupai serabi ya. Jajanan pasar ini biasanya akan banyak ditemukan saat hari raya. Untuk membuat bentuknya cantik, biasanya apang colo diolah dengan cetakan khusus.

6. Panada

Panada, via Instagram/bakudapa_panada
Panada, via Instagram/bakudapa_panada

Panada merupakan pastelnya Manado. Kuliner ini biasanya berisi cincangan daging cakalang. Beda dengan pastel adalah teksturnya yang lebih empuk, mirip dengan donat. Untuk citarasanya sendiri gurih dengan citarasa agak pedas, nikmat sekali. Saat berada di Manado dan daerah Sulawesi lainnya, coba cicipi kudapan ini ya.

7. Barongko

Barongko, via Instagram/dapuriksal
Barongko, via Instagram/dapuriksal

Barongko merupakan kuliner yang lembut saat dikunyah. Menurut kepercayaan banyak orang, barongko merupakan pencuci mulutnya raja-raja Bugis. Teksturnya benar-benar halus dan lembut, citarasanya manis dan gurih. Camilan tradisional ini banyak ditemukan di rumah makan yang menyuguhkan sop konro dan coto makassar.

8. Deppa Torri

Deppa Tori, via Instagram/wawanyestonrobben
Deppa Tori, via Instagram/wawanyestonrobben

Deppa Tori merupakan kue yang terbuat dari tepung beras, gula merah, vanili, baking powder, dan tambahan air. Kue ini mirip dengan cucur namun warnanya lebih gelap. Citarasanya sendiri adalah manis dan gurih dengan tambahan biji wijen di kulitnya. Kamu bisa menemukan deppa tori di Toraja dan Enrekang.

9. Sikaporo

Sikaporo, via Instagram/laparlagimakanlagi
Sikaporo, via Instagram/laparlagimakanlagi

Namanya terdengar cukup unik ya? Bentuk untuhnya menyerupai bingka dengan dua lapisan, hijau muda dan kuning. Rasanya manis, gurih dengan tekstur kenyal dan lembut. Keberadaanya menjadi jajanan pasar memang tidak terlalu banyak, namun bisa dicoba jika menemukannya.

10. Bobengka

Bobengka, via Instagram/roa.manadonesefood
Bobengka, via Instagram/roa.manadonesefood

Satu lagi ada namanya bobengka yang memiliki rasa manis. Bahan-bahan pembuatnya adalah terigu, telur, kelapa parut, gula merah dan juga santan. Tambahan kayu manis juga memberikan aroma yang begitu khas.

Itulah 10 jajanan pasar khas Sulawesi yang bisa dicicipi. Jika bisa dibawa pulang jangan lupa untuk membawakannya untuk keluarga tersayang. Mana nih favorit Teman Traveler?

Tags
Indonesia jajanan pasar khas Sulawesi kuliner sulawesi
Share