Jajanan Murah Banyuwangi, Modal Mulai dari Rp1000 Bisa Kenyang

Apa yang Teman Traveler cari ketika sedang berkeliling suatu daerah? Selain berwisata, tentu saja mencari kuliner enak setempat, bukan? Namun, bagaimana jika ingin wisata kuliner tetapi budget mepet? Nah hampir di setiap kawasan ada penjaja makanan enak dengan harga terjangkau. Salah satunya kabupaten yang tersohor akan Taman Nasional Alas Purwo ini. Berikut jajanan murah Banyuwangi yang Teman Traveler harus coba. Catat, ya.

Tahu Walik

Tahu Walik via Instagram @hobimakan.banyuwangi

Belum sempurna rasanya kalau melewatkan tahu walik ketika berada dikawasan yang dijadikan lokasi transit ke Pulau Bali ini. Tahu walik adalah jajanan murah Banyuwangi dengan bahan dan proses pembuatan sederhana. Tahu putih digoreng sampai setengah matang, kemudian tengahnya disayat dan dibalik sehingga bagian yang masih basah berada di luar. Barulah dimasukkan isian, biasanya adonan ayam dan bumbu-bumbu. Banyak tempat yang menjajakan kudapan ini, salah satunya Tahu Walik Madu Wangi Jalan Widuri. Teman Traveler cukup merogoh kocek Rp10 ribu sudah bisa kenyang.

Sosis Telur

Sosis Telur Nan Gurih via Instagram @hobimakan.banyuwangi

Jajanan murah Banyuwangi satu ini memang sedang populer, terutama karena proses pembuatannya cukup unik. Dengan menggunakan alat penggorengan yang memiliki banyak lubang memanjang ke bawah. Setelah dikocok, telur dimasukkan ke dalam lubang disusul satu sosis utuh kemudian diberi tusuk, kalau sudah matang sosis telur (sostel) ditarik ke atas. Teman Traveler yang ada di Banyuwangi bisa melipir ke Sosis Telor Berkah Lapak Jalan Letkol. Istiqlah Nomor 76. Siapkan saja budget setidaknya Rp5 ribu untuk satu tusuk sostel.

Pentol Goreng

Pentol Goreng via Instagram @hobimakan.banyuwangi

Kalau sedang membicarakan camilan murah tapi enak, tidak bisa terlepas dari gorengan. Salah satu gerai di Banyuwangi berada di Jalan Raya Rogojampi yang konon merupakan penjual gorengan pertama di kawasan ini. Dibanderol dengan harga terjangkau, Rp1000 untuk satu biji gorengan. Tidak hanya pentol goreng, ada juga cireng, tempura goreng, tahu krispi, dan telur gulung. Pastikan mampir dan memborong  jajanan murah Banyuwangi satu ini. Bisa juga untuk penganan di perjalanan.

Jenang Bedhil

Jenang Bedhil via Instagram @hobimakan.banyuwangi

Ini dia jajanan lawas yang masih bisa ditemui di pasar tradisional atau lapak-lapak pinggir jalan. Jenang bedhil atau ada juga yang menyebut grendul memiliki tekstur kenyal dan empuk, memang tepat untuk dijadikan menu sarapan. Rasa manisnya dapat dijadikan asupan energi, ditambah kuah santan dengan citarasa gurih. Teman Traveler yang ingin merasakan sensasi kenikmatan jenang bedhil, bisa mampir Pesantogan Kemangi Desa Kemiren, dengan siapkan budget Rp5 ribu untuk satu porsinya.

Jajanan murah Banyuwangi yang diulas di atas hanyalah sebagian dari banyaknya kudapan enak dan terjangkau. Teman Traveler dijamin tidak rugi menjelajah Banyuwangi demi wisata kuliner. Mana nih jajanan favoritmu?

Tags
Banyuwangi Indonesia jajanan murah Jawa Timur kuliner
Share