Jajanan Khas Makassar yang Enak dan Menyenangkan, Rasanya Susah Dilupakan

Siapa yang tak pernah merasakan kelezatan Coto Makassar. Kuliner berkuah ini memiliki rasa istimewa yang membuat siapapun ketagihan. Meski kedai yang menjualnya banyak, kurang rasanya jika belum mencoba langsung di kota asalnya. Selain berburu makanan ini, jangan lupa mencoba jajanan khas Makassar yang rasanya susah dilupakan. Apa saja? Berikut rangkumannya.

1. Songkolo Bagadang

Songkolo Bagadang
Songkolo Bagadang via instagram/@fooddiarybontang

Jajanan dengan rasa manis bercampur gurih memang menggugah selera. Apalagi jika camilan tersebut adalah Songkolo Bagadang. Jajanan ini terbuat dari beras ketan yang dibungkus daun kemudian dikukus hingga matang. Sajiannya sederhana dengan taburan kelapan manis, ikan asin atau teri, serta sambal tumis. Sesuai dengan namanya ‘Begadang’, camilan ini biasa disantap saat malam hari. Namun, beberapa tempat ada yang menjualnya di pagi hari.

2. Gogoso

Gogoso, Jajanan Khas Makassar
Gogoso, Jajanan Khas Makassar via instagram/@fesiang

Kuliner khas orang Bugis Makassar ini memiliki bentuk mirip dengan Lemper Jawa atau Lalampa Manado. Bedanya pada isiannya yang beras ketan bersantan dengan tambahan abon di dalamnya. Cara memasaknya juga unik karena tidak dikukus melainkan dibakar di atas arang. Rasanya, tentu sedap karena aroma dari bungkus daun pisang. Nah, untuk menemukan jajanan ini, kunjungi saja daerah Pantai Losari atau pinggiran kota.

3. Barongko

Barongko
Barongko via instagram/@hanhanny

Seperti di tempat lain, tak semua makanan khas mudah ditemukan. Begitu pula dengan Barongko yang biasa ada di acara pernikahan, sunatan, hingga selamatan. Tak perlu khawatir, masih ada beberapa tempat yang menjual jajanan dari olahan pisang ini. Rasanya juga nikmat, apalagi kombinasi antara telur, santan, gula dan garam di dalamnya. Belum lagi aroma daun pisang yang menggugah selera.

4. Cucuru Bayao

Cucur Bayao
Cucur Bayao via instagram/@wimasastari

Kue mungil ini tak hanya lucu, tapi juga bikin ketagihan. Rasanya manis dan pas dengan lidah orang Indonesia. Sesuai dengan namanya Cucuru Bayao merupakan kue telur yang rasanya ngangenin. Selain di toko makanan, kamu bisa menemukan jajanan ini di acara pernikahan Bugis. Jajanan ini menjadi salah satu makanan yang wajib ada di dalamnya.

5. Biji Nangka

Ilustrasi jajanan di Makassar
Ilustrasi jajanan di Makassar via instagram/@sharebeforeeat

Nama jajanan khas Makassar ini bukan berasal dari biji buah nangka. Nama tersebut diambil karena bentuknya yang mirip dengan biji nangka. Kue yang juga termasuk salah satu menu di acara pernikahan orang Bugis ini ternyata berbahan dasar kentang rebus. Rasanya gurih-gurih manis yang nagih, apalagi disajikan saat dingin.

Nah, itulah lima jajanan khas Makassar yang memiliki bentuk unik dengan rasa istimewa. Bagaimana, tertarik untuk mencoba camilan di atas usai berburu Coto Makassar? Jangan lupa jelajah destinasi wisata alamnya ya!

Tags
Indonesia Kuliner Makassar Makassar Sulawesi Selatan
Share