6 Jajanan yang Semarang Banget, Sudah Coba yang Mana Aja?

Liburan ke Semarang terasa kurang jika mencoba kuliner khasnya. Apa saja? Tentu saja banyak, mulai dari mie kopyok, bandeng presto, hingga tahu gimbal. Jajanan khas Semarang juga tak kalah menggoda. Beberapa di antaranya juga sering dijadikan oleh-oleh untuk orang tercinta. Nah, apa saja jajanan yang Semarang banget ini? Yuk, simak daftarnya berikut ini.

1. Lumpia

Lumpia Gang Lombok
Lumpia Gang Lombok via instagram/@mysweetescapediary

Traveling ke Semarang terasa kurang jika belum mencoba lumpia. Jajanan yang merupaan paduan antara kuliner Tionghoa dan Indonesia ini terbuat rebung, telur, daging ayam, atau udang yang dibungkus dengan kulit lumpia. Rasanya gurih, asin, manis yang pas dicocol dengan sambalnya. Salah satu tempat yang tersohor dengan lumpianya adalah Gang Lombok. Jajanan tersebut tidak hanya bisa dimakan di tempat, tapi juga bisa dijadikan oleh-oleh.

2. Tahu Pong

Tahu Pong
Tahu Pong via instagram/@whatvinaeat

Siapa yang tak kenal dengan tahu pong. Kependekan dari tahu kopong yang artinya tahu kosong ini merupakan jajanan khas Semarang. Sajian istimewa ini biasanya dihidangkan dengan bumbu petis. Ketika disantap bersamaan, rasanya benar-benar spesial. Apalagi ketika tahunya masih hangat. Penjual tahu pong banyak, salah satunya di Jalan Gajahmada No. 63B

3. Leker

Leker Paimo
Leker Paimo via instagram/@n_zakiya

Kue leker sebenarnya bukanlah jajanan khas dari Semarang, melainkan Surabaya. Namun, kepopuleran kue pisang ini tak terbantahkan lagi. Apalagi leker milik Pak Paimo dengan nama Leker Paimo. Seporsi sajian yang disiram dengan aneka topping ini menarik perhatian karena kelezatannya. Jangan kaget, untuk mendapatkan seporsinya harus rela antre panjang.

4. Wingko Babat

Wingko Babat
Wingko Babat via instagram/@shareresep

Sering liburan ke Semarang, pasti tak asing dengan wingko babat. Makanan tradisional ini terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan, dan gula. Biasanya jajanan berbentuk bundar yang nikmat disantap dalam keadaan hangat. Seperti leker, sebenarnya wingko bukanlah makanan yang berasal dari Semarang. Melainkan dari daerah kecil bernama babat di Lamongan, Jawa Timur.

5. Gandos

Gandos
Gandos via instagram/@jogjabikinlaper

Berikutnya adalah gandos yang bisa dikenal dengan kue rangin dan pancong. Jajanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa. Tak lupa tambahan garam di dalamnya. Adonan tersebut disiram di atas cetakan loyang panas. Rasanya gurih manis yang bikin nagih. Apalagi setelah ditaburi gula tebu di atasnya.

6. Roti Ganjel Rel

Roti Ganjel Rel
Roti Ganjel Rel via instagram/@daliessiangadi123

Beberapa orang menyebutnya dengan nama roti gambang. Untuk menemukan jajanan ini, kamu bisa berkunjung ke Pasar Johar. Uniknya lagi, kue ini unik karena ditaburi wijen di atasnya. Dibandingkan lainnya, roti ini memiliki tekstur tidak lembut. Namun, manfaatnya cukup baik untuk pencernaan.

Nah, itulah jajanan khas Semarang yang bisa kamu coba saat liburan ke ibukota Jawa Tengah ini. Jadi, kapan nih jelajah kota cantik satu ini?

Tags
Indonesia jajanan semarang Jawa Tengah kuliner Semarang semarang
Share