Jajanan Khas Jawa Timur dari Ketan, Nyamil Tapi Bikin Kenyang

Kue kekinian memang sudah menjamur di berbagai tempat. Meskipun begitu, jajanan pasar tak kehilangan pamornya. Kue-kue tradisional dengan rasa otentik, membuat kita merindukan masa kecil, oleh-oleh ibu dari pasar. Kali ini Travelingyuk akan mengulas jajanan khas Jawa Timur dari Ketan. Yuk intip listnya, siapa tahu ada favoritmu.

Kue Mendut

Mendut yang menggugah selera, via Instagram/dhina_kesumawati
Mendut yang menggugah selera, via Instagram/dhina_kesumawati

Pertama ada kue mendut yang banyak ditemukan di pasar tradisional. Jajanan ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang didalamnya terdapat unti kelapa. Kue mendut tradisional dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan memiliki bentuk segitiga, sekarang sudah banyak variasanya. Nah, kue satu ini memiliki tekstur kenyal dengan rasa manis. Jangan lupa mencicipi camilan satu ini.

Kue Gemblong

Gemblong, via Instagram/jalanjajan_minho
Gemblong, via Instagram/jalanjajan_minho

Namanya adalah kue gemblong, ini merupakan jajanan pasar yang banyak dicari. Bahan utama pembuat gemblong adalah beras ketan putih yang diuleni sampai kalis dengan parutan kelapa. Dibentuk bulat memanjang dan kemudian digoreng setelah dilapisi larutan gula aren. Gemblong mirip dengan getas. Bedanya, getas terbuat dari ketan hitam. Tapi sama-sama enak.

Onde-onde

Onde-onde, via Instagram/obat_haushungry
Onde-onde, via Instagram/obat_haushungry

Bentuknya bulat-bulat dengan biji wijen yang menyelimutinya, tentu saja Teman Traveler sangat familiar dengan jajanan apsar satu ini. Dahulu yang paling banyak tersedia adalah isian kacang hijau, sekarang sudah beragam jenisnya.

Nah, tahukah kamu jika onde-onde ini berbahan dasar beras ketan? Yup, bahan utama tersebut kemudian dipadu dengan sagu dan bagian luarnya dilapisi wijen. Camilan yang enak dan mengenyangkan. Kuliner satu ini banyak ditemukan di Mojokerto dan daerah Jawa Timur lainnya.

Wingko Babat

Wingko Babat, via Instagram/dhiahoddie
Wingko Babat, via Instagram/dhiahoddie

Jika di Mojokerto ada onde-onde, Lamongan terkenal dengan wingko babatnya. Ini merupakan makanan yang memiliki tekstur keras dengan rasa manis. Bahan utama pembuat kuliner ini adalah tepung beras ketan. Wingko biasanya memiliki bentuk kotak atau ada yang bulat. Aroma dari wingko babat begitu menggiurkan.

Jajanan pasar memang membangkitkan memori saat kecil ya Teman Traveler. Sampai sekarang masih ada, baik itu yang original dan divariasikan. Gimana nih, apakah ada jajanan khas Jawa Timur dari ketan yang masuk favoritmu?

Tags
jajanan khas Jawa Timur dari Ketan Jajanan Pasar jajanan pasar dari ketan
Share