Jajanan Kaki Lima Hits yang Jadi Buruan Kuliner, Sudah Coba yang Mana?

Sepertinya sudah satu paket, saat liburan pasti juga menyempatkan diri untuk berburu kuliner di daerah yang dikunjungi. Setiap kota pasti punya makanan khas dan legendaris yang menjadi daya tarik kuliner agar para wisatawan terus datang. Siapa sih yang tak suka dengan makanan enak? Tidak jarang makanan terkenal tersebut harus dibeli dengan harga mahal. Ternyata, bisa juga berburu jajanan kaki lima hits yang tak kalah enak. Pastinya juga ramah di kantong. Apa saja, ya?

1. Cilok Gajahan

Cilok Gajahan
Cilok Gajahan via Instagram/@cilok_gajahan

Jogja memang memiliki sederetan pesona yang bikin para wisatawan betah dan berkunjung berkali-kali. Apalagi kalau bukan karena suasana kotanya yang ramah, dengan budaya yang masih kental. Wisata sejarah di kota ini pun sangat menyenangkan. Ditambah lagi, daerah istimewa ini memiliki banyak makanan enak, di antaranya adalah Gudeg dan Sate Klathak yang kelezatannya sudah melegenda. Tak hanya makanan berat, ada juga cilok gajahan yang antrenya bikin penasaran. Untuk membeli jajanan ini, kamu harus antri dengan nomor. Jika tak buru-buru datang, kamu bisa kehabisan. Pastikan untuk siap-siap di Alun-alun Kidul saat sore hari untuk mencicipi cilok legendaris ini, ya.

Cilok Gajahan, Jogja
Cilok Gajahan, Jogja, via Instagram/@streetfoodstories

2. Lekker Paimo Semarang

Lekker Paimo
Jajanan Kaki Lima Hits, Lekker Paimo, via Instagram/@jackmagnifico

Semarang dikenal destinasi dengan kota tua yang cantik. Buah tangan favorit yang wajib dibawa dari kota ini adalah loenpia atau yang lebih dikenal dengan nama lumpia. Saat berada di kota ini, pastikan untuk menyempatkan diri untuk mampir ke Lekker Paimo yang mangkal di depan SMA Loyolo, Jalan Karang Anyar No.37, Gabahan, Kota Semarang.

Lekker Paimo Semarang
Lekker Paimo Semarang via Instagram/@n_zakiya

Jajanan kaki lima ini ternyata tak hanya diminati anak sekolah. Jadi jangan kaget saat melihat antrean yang harus dihadapi saat memesan jajanan yang terkenal dengan nama Lekker Paimo ini. Sudah ada sejak jam 10 pagi. Siap-siap antri berjam-jam kalau kamu datang terlalu siang. Ada berbagai macam, dari yang original dengan kisaran harga Rp2.000, hingga olahan modern dengan telur, mozarella, hingga nutella seharga kisaran Rp25 ribu.

3. Siomay ABM, Malang

Siomay ABM di Malang
Siomay ABM di Malang via Instagram/@arisuprayoga

Jajanan kaki lima hits lainnya yang wajib dicoba adalah siomay ABM, Malang. Siomay Bang Nino ini mangkal setiap hari kecuali Minggu di depan kampus ABM yang berlokasi di  Terusan Candi Kalasan, Malang. Bang Nino sudah siap melayani para pelanggannya sejak pukul 12.30 hingga pukul 5 sore. Jangan datang terlalu sore karena bisa jadi kamu akan kehabisan. Siomay Bang Nino terkenal enak dan selalu antre. Meski selalu dikerubutin para pembeli, bang nino sigap dan cepat dalam melayani. Selain enak dan dilengkapi dengan gorengan super renyah, siomay ini murah meriah. Untuk satu porsi yang banyak, harganya hanya kisaran Rp8.000.

Siomay ABM Malang
Jajanan kaki lima hits, Siomay ABM Malang, via Instagram/@devililian

4. Bapak Tusuk Pak Diko

Bapak Tusuk Pak Diko
Jajanan kaki lima hits Bapak Tusuk Pak Diko, via Instagram/@baksotusuk_pakdiko

Kuliner bakso memang memiliki banyak penggemar di mana-mana. Tak harus dinikmati dengan kuah yang sedap, bakso juga nikmat dimakan biasa dan langsung dicocol pada saus dan kecapnya. Ada Bakso Tusuk Pak Diko yang mangkal di depan Bank Mandiri UGM yang berlokasi di Jalan Persatuan, Jogja. Bakso ini sudah ada dan siap diborong mulai pukul 4 sore hingga habis. Setiap butiran baksonya hanya dibanderol dengan harga Rp500. Kamu bebas memilih mau menyantap baksomu dengan kuah atau langsung cocol sambal. Saking enaknya, kini Bakso Tusuk Pak Diko sudah membuka cabang.

Bapak Tusuk Pak Diko Jogja
Bapak Tusuk Pak Diko Jogja via Instagram/@baksotusuk_pakdiko

Wah, ternyata banyak jajanan kaki lima hits yang wajib masuk dalam daftar kuliner yang kamu buru saat traveling ke kota-kota di atas, ya. Bagaimana, ada yang sudah pernah kamu coba?

Tags
Indonesia jajanan hits kaki lima kuliner
Share