Jajanan Kaki Lima Blitar, Bisa Kenyang dengan Harga Mulai dari 500 Rupiah

Advertisement

Adakah Teman Traveler yang suka berkeliling suatu kawasan untuk berburu kuliner kaki lima? Memang hampir setiap daerah memiliki camilan sederhana namun banyak penikmatnya, tidak terkecuali Kota Blitar yang berada di Jawa Timur. Nah, Teman Traveler patut menjajal jajanan kaki lima Blitar yang bervariasi seperti ulasan di bawah ini. Enak dan murah meriah. Apa saja, ya?

Rangin

Kue Rangin Nan Gurih via Instagram @blitarfoodies

Kue rangin atau disebut juga gandos merupakan jajanan kaki lima Blitar bercitarasa gurih yang terbuat dari tepung beras dicampur santan dan ditambah garam secukupnya. Teman Traveler bisa menemui penjual rangin salah satunya di Jalan Sultan Agung, Blitar. Kalau ingin sedikit rasa manis, rangin bisa dicocol dengan gula pasir. Tidak perlu ragu membeli kudapan ini karena selain teksturnya krispi di luar lembut di dalam, harganya pun hanya 500 rupiah per biji. Wah bisa langsung borong, nih.

Es Pleret

Es Pleret Khas Blitar via Instagram @blitarfoodies

Rasanya tidak lengkap kalau belum mencicip es pleret saat berada di Blitar. Terdapat cukup banyak kedai es pleret, salah satunya berada di kawasan Jalan Muara Takus Jatimalang. Pleret sendiri berbahan dasar tepung beras dibentuk bulatan-bulatan kecil dan berongga, bertekstur kenyal dan empuk. Kuah es pleret terbuat dari santan, gula merah, dan daun pandan untuk menambah aroma harum. Dengan rasa yang manis legit dan cukup untuk mengganjal perut, es pleret hanya dibanderol harga 4 ribu rupiah saja per mangkok.

Lupis

Jajanan Jadul Bercampur Menjadi Satu via Instagram @blitarfoodies

Jajanan kaki lima Blitar jadul satu ini memang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Tidak hanya semacam, tapi bervariasi seperti lupis, cenil, kicak, puli, dan gethuk bisa Teman Traveler jajal di salah satu lapak Jalan Veteran Blitar.

Jajanan kaki lima di Blitar
Jajanan kaki lima di Blitar (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Dengan rasa yang gurih serta tekstur kenyal, kudapan ini bisa didapat hanya dengan merogoh kocek 4 ribu rupiah saja untuk satu porsi. Penyajian sederhana yaitu di atas bungkus makanan berwarna coklat, varian camilan jadul tersebut ditaburi parutan kelapa dan disiram gula merah cair yang memberikan citarasa manis legit.

Onde-Onde Mini

Onde-Onde Mini via Instagram @blitarfoodies

Walau berbahan dasar sederhana yaitu campuran tepung terigu, telur, margarin, camilan satu ini patut Teman Traveler jajal ketika berada di Blitar. Mempunyai tekstur renyah dan perpaduan rasa gurih manis, rasanya kalau sudah makan satu akan ingin nambah lagi apalagi jika dicamil selagi hangat. Satu biji onde-onde mini yang lapaknya bisa ditemui di Jalan Anggrek ini dihargai 500 rupiah saja.

Leker

Leker Renyah Bercitarasa Manis via Instagram @blitarfoodies

Kudapan yang serupa dengan crepes namun berukuran lebih kecil ini berbahan dasar tepung terigu, susu, telur, dan bahan lain. Teksturnya yang renyah ini membuat mulut tidak berhenti mengunyah, rasanya pun beragam tergantung topping. Teman Traveler bisa memilih leker telur, ovomaltine, mozarella, coklat, keju, pisang dan varian lain yang semuanya enak. Salah satu gerai leker di Blitar berada di kawasa Jalan Moh. Hatta. Dibanderol dengan harga mulai dari 1500 rupiah saja, memang ramah di kantong.

Wah cukup banyak ya pilihan jajanan kaki lima Blitar. Rasanya belum afdol kalau tidak mencicip semuanya. Teman Traveler lebih suka kudapan yang mana nih?

Advertisement
Tags
Blitar Indonesia jajanan kaki lima Jawa Timur kuliner
Share