10 Jajanan Pinggir Jalan di Jogja yang Enaknya Kebangetan

Suka dengan jajanan itu nggak memandang umur, dari kecil sudah akrab dengan makanan-makanan yang dijual di pinggir jalan. Ketika umur sudah menua pun, lidah masih tetap kangen dengan jajanan semasa kecil. Setiap daerah memiliki spot kulineran yang pasti seru, begitu juga dengan Yogyakarta sebagai tujuan wisatawan dari berbagai penjuru nusantara. Coba tengok Jalan Malioboro, kawasan yang tak pernah sepi setiap harinya.

Banyak orang lalu lalang untuk berburu atau menjajakan dagangannya, makanan khas di berbagai sudut sudah jadi pemandangan yang lumrah. Sempatkan untuk membeli salah satunya ya, ada es buah yang pas di santap saat Jogja sedang panas-panasnya. Jika masih kurang di tempat lain di seantero Jogja masih banyak. Lalu apa saja jajan pinggir jalan lezat di Jogja? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Es Buah PK

Es Buah PK [image source]
Es Buah PK sudah cukup terkenal di Jogja, porsi mantap yang biasanya disandingkan dengan semangkok bakso. Rasa pedas bahkan cuaca panas bisa jadi tandingan es buah tersebut. Kesegaran buahnya hingga rasa manis dari gula terasa pas di lidah, jadi makan satu mangkuk tidak akan membuat kamu bosan, bisa jadi malah kurang. Penjual Es Buah PK bisa kamu temukan di sekitar Jalan Pakuningratan, Kranggan.

2. Wedang Tahu

Wedang Tahu [image source]
Siapa bilang jika sebangsa tahu itu hanya bisa dimasak jadi lauk saja. Di Jogja tahu bisa diolah menjadi minuman hangat yang super manta. Apalagi saat cuacanya sedang dingin sehabis hujan, satu porsi wedang tahu adalah sahabat yang tepat. Untuk mendapatkannya kamu harus datang ke warung Bu Sukardi di Jalan Kranggan, Depan Gudeg Bu Djuminten. Kuliner di tempat ini selain enak juga termasuk legendaris.

3. Sup Buah

Sup Buah [ image source]
Sama-sama punya kuah dan dihidangkan dalam mangkuk, namun sup ini lebih bisa disebut minuman. Isinya sudah pasti adalah buah-buahan seperti mangga, melon, strawberry ,hingga kelapa muda. Biar makin segar ditambah es dan siraman sirup , tampilannya pun jadi cantik menggugah selera. Sebenarnya penjual sup buah di Jogja cukup banyak jumlahnya, namun jika kebetulan lewat di Jalan Pandega Marta, bisa melipir ke Rumah Makan Murni 83 untuk merasakan kesegaran sup buah kala haus menyerang.

4. Soerabi Kang Sena

Surabi Kang Sena [image source]
Udah pada tahu kan apa itu surabi? Makanan ini banyak di jual di berbagai tempat nggak hanya Jogja. Misalnya saja Malang dan Bandung karena memang rasanya merakyat dan khas banget. Saat ini sudah banyak inovasi menu surabi telah dikenalkan. Kedai Kang Sena di Jalan Affandi Gejayan juga nggak mau kalah. Kamu bisa membeli varian surabi seperti surabi durian, enaknya itu nggak musiman lho guys!

5. Bajigur

Bajigur
Bajigur [image source]
Bajigur ternyata juga digemari di Jogja, terbukti warung Bude Warsi yang menjual menu tersebut selalu ramai pengunjung. Bajigur adalah minuman tradisional yang terbuat dari gula aren dan santan. Biar makin enak, biasanya ditambah jahe, garam, bahkan juga bubuk vanili. Warnanya berwarna coklat dan paling nikmat diminum saat masih hangat. Lokasi Warung Bude Warsi ada di Jalan Alun-Alun Utara No.1, Kadipaten, Kraton.

6. Es Doger

Es Doger [image source]
Es Doger ini tampil dengan warna yang lebih beragam ada merah, putih, hijau, coklat. Sekali lihat saja, langsung ingin meminumnya Kamu bisa merasakan kesegaran es yang membawa rasa manis dan enaknya buah melewati kerongkonganmu, duh bikin perut langsung adem, pikiran juga ikut ayem. Yuk mencicipi Es Doger di Dekat Balai Yasa, tepatnya di Jalan Kusbini Yogyakarta. Jangan datang malam-malam, karena Warung Es ini hanya buka dari pagi hingga sore hari.

7. Bubur Ketan Hitam

Bubur Ketan Hitam [image source]
Bubur Ketan Hitam ini bisa jadi pengganti sarapan kalau kamu bosan dengan menu yang itu-itu saja. Rasanya nggak kalah gurih dari bubur ayam, ditambah belinya di Warung Bubur Hayam Manggo. Kamu bisa mencoba bubur ketan hitam yang ditaburi potongan nangka serta es krim vanilla. Bubur ayamnya juga enak, rasanya juara deh. Warung yang berlokasi di Jalan Prof. Yohanesitu hanya mematok menunya dengan harga sekitar Rp. 12.000 .

8. Wedang Ronde

Ronde [image source]
Malam-malam dan butuh tempat nongkrong, sekitaran Tugu Jogja bisa jadi solusinya. Setiap malam, kawasan ikonik di Jogja ini selalu ramai dengan muda-mudi yang berkumpul dengan teman-temannya. Hal itu menarik beberapa penjual kuliner, salah satunya adalah gerobak ronde. Jika kebetulan kamu melihatnya di sekitaran Tugu Jogja, sempatkan untuk beli. Kamu nggak bakal kecewa. Dalam satu porsi biasanya ada isian berupa kacang tanah, kolang-kaling, sagu mutiara, hingga roti tawar.

9. Kopi Joss

Kopi Joss [image source]
Katanya belum ke Jogja kalau nggak sempat mencicipi kopi legendaris ini. Sebutannya adalah kopi joss, disebut begitu karena bunyi arang membara ketika dimasukkan dalam satu gelas kopi panas. Ya, ternyata arang itu memberikan cita rasa yang khas pada seduhan kopi yang dijual oleh Warung Angkringan Lik Man. Lokasinya persis di sebelah utara Stasiun Tugu Jogja.

10. Geplak Jago

Geplak Jago [image source]
Baru dengar jajanan ini? Ya karena yang satu ini otentik dan khas Jogja. Tepatnya dari daerah Bantul. Bentuknya bulat-bulat kecil dengan berbagai warna seperti putih, hijau dan merah muda. Bahan pembuatannya adalah gula dan kelapa. Sejarahnya, geplak dulu dimakan saat musim paceklik. Tapi kini kamu bisa memakannya kapan pun, langsung saja datang ke Jl. Wakhid Hasyim 28, Bantul, Jogja.

Itulah beberapa jajanan Jogja yang rasanya enak-enak. Apakah kamu pernah mencoba salah satunya? Yuk bagikan komentarmu di bawah ini.

Tags
jajanan jogja Jogja kuliner Jogja wisata jogja Yogyakarta
Share