Jajanan Bangka Belitung, Cobain Sendiri Cita Rasa Khas Kepulauan Ini

Advertisement
Advertisement

Kepulauan Bangka Belitung, salah satu provinsi yang berada di Pulau Sumatera, tersohor akan keindahan panorama pulau-pulau dan danau bekas galian tambang. Tidak hanya destinasi wisata, kawasan ini pun tersohor dengan mie Belitungnya. Di samping itu, kepulauan ini menawarkan jajanan Bangka Belitung yang pas untuk hidangan saat mengobrol dengan teman. Berikut beberapa diantaranya.

Kemplang Panggang

Kemplang Panggang Dicocol Sambal Terasi via Instagram @tiarasnackbangka
Kemplang Panggang Dicocol Sambal Terasi via Instagram @tiarasnackbangka

Jajanan Bangka Belitung satu ini berbahan dasar ikan tenggiri dan tepung tapioka, berbentuk bulat pipih memiliki cita rasa gurih dengan tekstur renyah. Ada juga varian kemplang terbuat dari udang dan cumi-cumi. Biasa juga disebut kerupuk kemplang, tidak hanya digoreng, ada juga kemplang panggang yang banyak diburu untuk oleh-oleh. Kemplang panggang cocok dicocol dengan sambal terasi khas Bangka, bercitarasa pedas manis. Teman Traveler bisa singgah di toko oleh-oleh di Bangka Belitung, khususnya Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka, yang diyakini mempunyai produksi kemplang paling enak.

Martabak Bangka

Martabak Bangka via Shutterstock
Martabak Bangka via Shutterstock

Penganan satu ini bisa ditemui di hampir semua daerah di Indonesia, martabak manis atau di Bangka Belitung disebut Hok Lo Pan berbahan dasar tepung terigu dan mentega dengan beragam taburan. Konon, jajanan Bangka Belitung ini dicetuskan pertama kali oleh orang Hakka yang datang ke kawasan ini. Walaupun sudah diadaptasi menjadi kudapan yang mainstream di Indonesia, namun terdapat beberapa perbedaan pada martabak Bangka dengan daerah lain misalnya Bandung. Adonan martabak Bangka lebih besar, lebih berserat, dan lebih berpori. Awalnya taburan martabak Bangka adalah gula dan wijen, sedangkan di daerah lain menawarkan topping lebih bervariasi. Namun tentu saja seiring berjalannya waktu, taburan martabak Bangka juga menjadi beragam.

Bong Li Piang

Bong Li Piang via Instagram @mr.bangkafood
Bong Li Piang via Instagram @mr.bangkafood

Bong Li Piang, berbahan dasar tepung terigu, santan, gula aren, dengan isian selai nanas. Berasal dari perpaduan budaya orang Hakka yang bermigrasi ke kawasan ini dengan budaya lokal, Bong Li Piang menjadi populer di Bangka Belitung. Bong Li berarti nanas, sedangkan kurang lebih bermakna kue kering. Memiliki cita rasa manis dan sedikit gurih, terasa lebih syahdu menyantap kudapan ini di pagi hari untu sarapan atau sore hari sembari menikmati senja. Didampingi dengan secangkir teh atau kopi panas.

Kepitong

Kepitong atau Permen Gula Kabung via Instagram @natha_shopp
Kepitong atau Permen Gula Kabung via Instagram @natha_shopp

Jajanan Bangka Belitung yang disebut kepitong atau kopitong ini merupakan permen alias gula-gula, yang berbahan dasar gula kabung atau gula aren. Kepitong biasanya dicampur dengan santan dan kacang tanah yang ditumbuk kasar, terkadang dicampur jahe agar terasa lebih hangat. Berbentuk dadu atau silinder, dibungkus dengan kertas minyak berwarna-warni, kepitong memiliki cita rasa manis legit.

Deretan jajanan Bangka Belitung yang telah diulas di atas bisa nih masuk dalam daftar kudapan yang patut dicoba saat Teman Traveler singgah di kepulauan ini. Beberapa penganan tersebut biasanya juga dibawa pulang para pelancong, bisa ditemukan di toko oleh-oleh seperti My Snack yang berlokasi di Kampung Bintang, Pangkalpinang. Adakah Teman Traveler yang sudah pernah mencoba? Boleh dong bagi ceritanya di kolom komentar?

Advertisement
Tags
Indonesia Jajanan Kepulauan Bangka Belitung kuliner
Share