Ingin Dapat Uang dari Jalan-Jalan? Yuk, Jadi Travel Blogger!

Pekerjaan terbaik adalah hobi yang dibayar, setujukah Anda? Ya, tentu saja jauh lebih menyenangkan jika kita bisa menghasilkan uang dari melakukan hal yang disukai. Tak perlu merasa terpaksa dan terbebani, kita justru bisa menikmati waktu bekerja, sekaligus melampiaskan kegemaran pribadi.

Nah, buat Anda yang hobi jalan-jalan, profesi sebagai travel blogger layak dicoba. Simak 6 hal yang bisa menjadi kunci kesuksesan Anda sebagai travel blogger berikut ini:

1. Mulai dari hati

Anda memang berniat menjadikan hal ini sebagai sebuah profesi, tapi bukan berarti harus memulainya dengan niatan untuk mencari uang. Sebagai seorang traveler, tentu menyenangkan bisa berbagi pengalaman dengan orang lain.

Mulai dari hati [image source]
Mulai dari hati [image source]
Carilah motivasi positif yang membuat Anda bersemangat untuk mulai menuliskan pengalaman traveling di blog. Tulisan yang soulfull tentu lebih enak dibaca dan bisa memancing pembaca untuk terus mengikuti petualangan Anda.

2. Temukan Tema yang Anda Kuasai

Ada begitu banyak tema yang bisa dituliskan tentang traveling. Mulai dari perjalanan keluarga, solo traveling, backpacking, hingga budget travel ke berbagai negara.

Temukan Tema yang Anda Kuasai [image source]
Temukan Tema yang Anda Kuasai [image source]
Jangan ‘rakus’ dan berusaha menuliskan banyak tema sekaligus, karena justru akan membingungkan pembaca. Pilih 1 atau 2 tema yang paling Anda suka dan kuasai, kemudian kembangkan ide dan buatlah artikel yang detail serta informatif.

3. Tulis Kisah yang Unik

Ada jutaan travel blog yang bisa Anda temukan di Google. Untuk menarik pembaca, pastikan Anda menulis kisah yang unik dan detail. Deskripsikan setiap pengalaman dengan jelas, sehingga pembaca seolah bisa merasakan sendiri perjalanan tersebut.

Tulis Kisah yang Unik [image source]
Tulis Kisah yang Unik [image source]
Masukkan informasi-informasi yang dibutuhkan pembaca, jangan hanya mencantumkan apa yang bisa diketahui dari buku atau situs traveling kebanyakan. Judul yang menarik juga akan membantu mendatangkan pembaca, lho!

4. Lakukan Eksperimen

Seperti halnya membuka warung yang bisa sepi pembeli, blog Anda juga mungkin saja kurang diminati pembaca. Tapi tak perlu langsung down dan putus asa.

Lakukan Eksperimen [image source]
Lakukan Eksperimen [image source]
Lakukan berbagai eksperimen untuk mengetahui apa yang diminati dan apa yang tak terlalu disukai pembaca. Dari eksperimen ini, kembangkan isi blog Anda dan tingkatkan juga kualitas artikelnya.

5. Jangan Hanya Menulis tentang Diri Sendiri

Alih-alih sekedar menceritakan apa saja yang Anda lakukan di suatu tempat atau negara. Buatlah artikel yang berisi tips, cara, dan solusi pemecahan masalah.

Jangan Hanya Menulis tentang Diri Sendiri [image source]
Jangan Hanya Menulis tentang Diri Sendiri [image source]
Misalnya saja, buat artikel tentang bagaimana bisa berlibur ke Eropa dengan budget terbatas atau kiat untuk mencegah overload barang bawaan saat backpacking. Tentu hal ini akan jauh lebih menguntungkan pembaca dibanding hanya sekedar berbagi pengalaman Anda.

6. Rajinlah Menulis dan Jangan Mudah Putus Asa

Jangan berharap akan mendapatkan kunjungan ribuan orang hanya dengan beberapa kali posting artikel. Untuk mendapatkan banyak pembaca setia, tentu dibutuhkan waktu yang tak sebentar. Anda juga harus rajin menulis dan melakukan posting artikel dengan jadwal yang teratur.

Rajinlah Menulis dan Jangan Mudah Putus Asa [image source]
Rajinlah Menulis dan Jangan Mudah Putus Asa [image source]
Jangan buat pembaca bingung dan mengira blog Anda sudah tak aktif lagi. Kalau perlu, promosikan blog Anda melalui media sosial secara teratur.

Kalau sudah memiliki komunitas pembaca yang cukup besar, jangan merasa aman dan tak lagi disiplin mengisi blog. Justru, perluas lingkup artikel di blog Anda dan coba juga bekerja sama dengan brand-brand yang bergerak di bidang traveling. Happy blogging!

Tags
blogging menulis traveling
Share