Itinerari Bandung-Semeru, Modal 500 Ribu Sudah Puas Hiking Maksimal

Seven Summit Indonesia masih menjadi incaran bagi para pendaki. Salah satunya adalah Gunung Semeru. Dengan sejuta pesonanya yang memikat bukan hanya pendaki, namun orang awam untuk menaklukkannya. Nah, berikut saya buat itinerari Bandung-Semeru spesial hanya bermodal kurang dari Rp500.000. Gak percaya? Simak ulasan berikut ini!

1. Jangan Pesan Tiket Langsung Menuju Stasiun Malang

img20190818173026_hx6.jpg
Keadaan stasiun Kiaracondong yang luas dan ramai (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Setiap daerah tentu memiliki stasiun utama yang terletak strategis. Namun hal ini jugalah yang membuat harga tiket menuju stasiun utama lebih mahal dibandingkan stasiun umum lainnya. Jika kalian dari Bandung pilihlah keberangkatan dari stasiun Kiaracondong, kemudian pilihlah stasiun Surabaya Gubeng.

Mengapa harus ke Surabaya? karena harga tiket ke Surabaya ternyata lebih murah dibandingkan langsung ke stasiun Malang. Harga tiketnya hanya sebesar Rp94.000, berangkat pukul 08.10 dan tiba pukul 23.25.

2. Gunakan Aplikasi KAI untuk Informasi yang Valid

img_8989_zqX.JPG
Danau Ranu Kumbolo diselimuti kabut pada pagi hari (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Saat ini penggunaan aplikasi KAI Access dirasa lebih efektif dan efisien dalam pemesanan tiket kereta. Tidak perlu lagi harus antri dan berdesakan di stasiun, atau harus datang ke minimarket terdekat. Dengan gawai yang pastinya hampir semua orang memilikinya, pemesanan tiket kereta lebih mudah dan cepat.

Selain itu, untuk mengecek kuota yang tersedia pun lebih cepat, bahkan kuota hingga 90 hari kedepan. Tentu jelas tidaknya ketersediaan tiket adalah hal yang krusial dalam setiap berjalanan, bukan?

3. Cari Tiket Kereta Lanjutan dengan Menghitung Waktu Perpindahan

img20190727150244_YUb.jpg
Kondisi stasiun Malang yang tidak pernah sepi (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Saat ini KAI Access bukan hanya menginformasikan kuota kereta jarak jauh atau menengah tetapi juga kereta lokal, kereta bandara, dan pemesanan makanan di kereta. Jika sudah mendapatkan tiket keberangkatan dari stasiun Kiaracondong hingga stasiun Surabaya Gubeng, lihatlah durasi waktu dan waktu kedatangannya.

Carilah kereta lanjutan menuju stasiun Malang dengan memperhitungkan mundurnya jadwal kedatangan. Meskipun berbeda hanya beberapa menit (sangat jarang lebih dari 1 jam) namun hal ini sangat patut diperhitungkan. Untuk tiket Surabaya Gubeng-Malang, harganya Rp12.000 dengan kereta lokal dan Rp35.000 dengan kereta premium.

4. Transportasi Stasiun Malang ke Pasar Tumpang

Sesampainya di Stasiun Malang, transpotasi yang digunakan menuju titik selanjutnya adalah angkot, mobil, ataupun jeep yang memang sudah dipesan sejak awal. Jarak yang cukup jauh sekitar 16 Km, tentu menggunakan transportasi dibandingkan jalan kaki adalah pilihan bijak demi tercapainya puncak Mahameru.

Untuk jenis angkot yang dipilih adalah angkot yang berwarna putih tetapi jika ragu bisa tanyakan kepada petugas kereta yang akan dengan baik hati menunjukkan angkot yang benar. Harganya sekitar Rp20.000 sekali naik. Pastikan betul bahwa kalian sudah mendapat transportasi terbaik guna memuluskan itinerari Bandung-Semeru ini.

5. Sewa Jeep

dsc_0085_F4v.JPG
Jenis jeep yang dipakai ke Semeru biasanya kap terbuka agar menampung orang lebih banyak (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Kendaraan yang selanjutnya dari pasar Tumpang menuju Ranu Pane ialah jeep. Transportasi khas di kawasan tersebut yang tujuan menuju Bromo atau gunung Semeru. Untuk pendaki yang sendirian tidak perlu khawatir karena penyewaan jeep di sana bisa kolektif maupun privat.

Jika secara kolektif harga sewa jeep satu kali jalan kisaran Rp500.000-600.000 dengan maksimal penumpang 10-15 orang. Berlaku pula dengan penyewa jeep secara privat, yang membedakan adalah jenis jeep dan jumlah iuran yang harus dibayar secara perseorangan.

6. Simaksi dan Surat Kesehatan

img20190723102224_KwN.jpg
Pemberitahuan penyesuai tarif masuk terbaru di pos pengecekan tiket (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Berdasarkan Peraturan Pemerintahan RI Nomor 12 Tahun 2014 Tanggal 14 Februari 2014, berlaku mulai 1 Juni 2019 tarif masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dibagi menjadi dua golongan, nusantara (domestik) dan mancanegara, yang didalamnya dibagi kembali menjadi hari kerja dan hari libur.

Untuk rincian biayanya, Rp 19.000/orang untuk wisatawan domestik, dikalikan jumlah hari di Semeru (saya pribadi tinggal selama 4 hari). Maka totalnya adalah Rp 76.000. Kemudian surat bukti sehat ditebus dengan harga Rp 30.000.

img_8933_dg3.JPG
Puncak bayangan diambil dari puncak utama Mahameru (c) Septiana Sulistyawati/Travelingyuk

Jadi, jika di total keseluruhan rencana pengeluaran yaitu Rp488.000. Terjangkau sekali, bukan? tunggu apalagi, yuk segera rencanakan petualanganmu dan bikin itinerari Bandung-Semeru terbaikmu!

Tags
Bandung Gunung Semeru Indonesia Itinerari itinerari bandung-semeru Jawa Barat Jawa Timur kontributor Travelingyuk Wisata
Share