Istilah-istilah dalam Pendakian, Kamu Perlu Tahu

Bagi Teman Traveler yang suka mendaki gunung, sebaiknya kenali istilah-istilah pendakian agar perjalanan semakin mudah dan aman. Selain itu istilah pendakian perlu kamu ketahui agar mempermudah kita saat briefing sebelum mendaki. Sempat dibagi oleh rekan-rekan @exploregunung_, berikut istilah-istilah dalam pendakian beserta keterangannya.

SIMAKSI 

Istilah pendakian
Ilustrasi pendaki via Shutterstock

Simaksi adalah Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi, surat izin ini biasanya bisa diurus secara online atau melalui telfon ke kantor konservasi tiap gunung. Beberapa gunung mempunyai peraturan jumlah kuota pendakian, jadi pastikan kamu memesan izin agak jauh-jauh hari.

LOGISTIK 

Ilustrasi pendaki makan via Shutterstock

Logistik digunakan untuk penyebutan persediaan bahan makanan atau  perbekalan. Isitiah ini sering digunakan saat persiapan penataan tas carier sebab penataan makanan dan perangkat lain sangat dipertimbangkan sebelum mulai mendaki.

TRACKING 

Istilah pendakian
Ilustrasi pendaki melakukan Tracking via Shutterstock

Tracking adalah istilah untuk perjalanan panjang dengan berjalan kaki dalam mendaki gunung. Istilah ini sering muncul saat membahas waktu perjalanan dari pos ke pos lain. Seperti contoh, ‘diperlukan waktu tracking 2 jam hingga menuju pos 2′.

HIKING 

Ilustrasi Hiking di padang rumput via Shutterstock

Hiking memiliki arti berjalan kaki di alam bebas. Namun sering sekali istilah ini digunakan oleh masyarakat umumnya dengan arti kegiatan mendaki gunung. Namun pada dasarnya saat Teman Traveler sedang berjalan di alam untuk menuju air terjun atau danau, itu sudah bisa disebut hiking. 

TEKTOK 

Ilustrasi gunung pendek via Shutterstock

Tektok adalah istilah untuk naik turun gunung dalam waktu sehari tanpa menginap atau membuat camp di gunung. Istilah ini muncul untuk pendaki yang akan mendaki gunung dengan jarak tempuh puncak tidak jauh dan rata-rata 2-3 jam saja. Biasanya gunung dengan jangka waktu pendakian pendek sering digunakan mendaki Tektok untuk mendapat pemandangan sunrise saja.

LEADER

Ilustrasi pemimpin pendakian via Shutterstock

Dalam setiap pendakian dibutuhkan selalu seorang pemimpin dalam rombongan yang sering disebut Leader. Leader mengatur mengenai jarak tempuh atau management waktu pendakian.

SWEEPER 

Ilustrasi Sweeper melakukan pengecekan rombongan via Shutterstock

Sweeper disini artinya perintah untuk penjaga rombongan paling belakang yang harus memastikan personil tetap lengkap. Rombongan paling belakang sangat diperlukan untuk selalu memperhatikan peserta pendakian, serta dianjurkan punya pengalaman di gunung yang didaki.

RANGER 

Ilustrasi tempat Ranger via Shutterstock

Ranger adalah istilah untuk Penjaga Taman Nasional gunung yang sedan didaki. Ranger berfungsi untuk merangkum laporan pendaki dan memberikan informasi penting saat berada di gunung.

PORTER

Istilah pendakian
Ilustrasi Porter pembawa barang via Shutterstock

Porter adalah pemandu perjalanan sekaligus orang yang membantu membawa barang selama pendakian. Porter jarang sekali digunakan kecuali untuk kebutuhan khusus dalam pendakian, seperti untuk penelitian atau syuting film yang membutuhkan membawa banyak alat saat di gunung.

SHELTER 

Ilustrasi tempat perkemahan via Shutterstock

Shelter adalah istilah untuk tempat istirahat yang biasanya bisa digunakan sebagai lokasi bermalam. Biasanya shelter punya tempat yang cenderung lapang dan di beberapa gunung memiliki sumber air.

POS 

Istilah pendakian
Ilustrasi pos pegunungan via Shutterstock / Travelingyuk

Pos sendiri mempunyai arti tempat singgah atau lokasi istirahat sementara. Pos juga berarti titik jarak pendakian. Biasanya juga sebagai pertanda seberapa jauh lagi perjalanan, dan bisa menjadi lokasi untuk meninggalkan barang agar pendakian selanjutnya lebih ringan.

Bagaimana? Sudah siap menaklukkan gunung Indonesia? Jangan lupa dicatat istilah pendakian di atas dan hindari pantangan saat mendaki gunung, ya.

Tags
Indonesia istilah pendakian tips mendaki
Share