Wallenstein, Istana Megah di Republik Ceko yang Punya Tembok Misterius

Wallenstein adalah salah satu istana megah yang ada di Republik Ceko sekaligus menjadi salah satu deretan tempat wisata terpopuler di negara tersebut. Tapi dibalik kemegahan bangunannya, istana ini ternayata mempunyai tembok yang misterius dimana tembok tersebut berbentuk wajah -wajah yang menyeramkan bernama The Grotto.

Adalah Wallenstein Palace, sebuah istana bergaya Baroque di Lesser Town, Republik Ceko. Bangunan ini merupakan kompleks istana yang terdiri dari bangunan utama istana, gereja kapel, taman yang luas, dan kandang kuda lengkap dengan sekolah menunggang kuda.

Taman Wallenstein Palace, via instagram
Taman Wallenstein Palace, via instagram

Istana Wallenstein dibangun oleh bangsawan Albrecht von Wallenstein pada rentang tahun 1623-1630 dengan tujuan menyaingi Kastil Praha yang letaknya berada di atas istana ini. Albrecht von Wallenstein sendiri dikenal sebagai panglima tertinggi angkatan militer yang banyak memenangkan pertempuran yang juga memiliki ambisi untuk merebut tahta kerajaan Bohemia.

Hingga tahun 1945, istana ini masih ditinggali oleh keluarga Wallenstein sebelum akhirnya seusai Perang Dunia II, istana tersebut jatuh ke tangan Republik Ceko dan dijadikan properti negara dan digunakan sebagai kantor pemerintahan. bangunan utamanya saat ini berfungsi sebagai kantor senat.

The Grotto di Wallenstein Palace, via instagram
The Grotto di Wallenstein Palace, via instagram

Seperti dilansir Travelingyuk dari berbagai sumber, yang menarik dari Istana Wallenstein ini adalah keberadaan tembok batu yang penuh ukiran wajah menyeramkan. Tembok tersebut dikenal dengan nama The Grotto. Wajah-wajah yang terukir berbentuk wajah manusia hingga wajah hewan yang mengerikan.

Menurut warga setempat, konon dibalik tembok batu tersebut terdapat lorong rahasia yang hanya bisa diakses dengan menekan pola rahasia yang ada di tembok The Grotto. Namun hingga kini tidak ada yang bisa membuktikan kebenaran cerita tersebut sebab tak satupun ada yang benar-benar berhasil menemukan pintu masuk ke ruang rahasia yang dimaksud.

The Grotto adalah tembok batu di Wallenstein Palace yang penuh misteri, via instagram
The Grotto adalah tembok batu di Wallenstein Palace yang penuh misteri, via instagram

Keberadaan tembok misterius di Istana Wallenstein ini bukannya membuat orang takut malah menjadi penasaran untuk datang dan melihatnya langsung. So, jika kamu pergi ke Republik Ceko untuk liburan, masukkan istana ini ke dalam bucketlist kunjunganmu. Tempat ini sangat recommended untuk traveler yang suka dengan sejarah dan kisah misteri.

Tags
Luar negeri Republik Ceko Tembok
Share