Istana Potala, Bangunan Berlapis Emas Berusia Ratusan Tahun yang Tahan Bencana di Tibet

Advertisement

Salah satu landmark yang wajib dikunjungi di Tibet adalah Potala Palace atau Istana Potala. Bangunan ini memiliki banyak menara, kapel, serta ruangan-ruangan penting lain.

Yang menarik dari Istana Potala adalah arsitekturnya yang luar biasa indah, istana ini juga merupakan tempat tertinggi di Tibet. Berikut ini fakta Istana Potala yang berhasil TravelinYuk rangkum dari berbagai sumber.

Tidak boleh ada bangunan lain yang melebihi tingginya Potala Palace

Istana Potala dibangun dengan jalur zig-zag untuk memudahkan proses naik ke atasnya. Di dalamnya ada kurang lebih 1.000 kamar, 10.000 lukisan gulung, 698 mural, serta patung-patung. Istana Potala ini merupakan salah satu bangunan di Tibet yang mempunyai nilai spiritual.

Istana Potala [sumber gambar]

Dibangun setinggi 117 meter di atas gunung, tidak ada bangunan lain yang lebih tinggi dari Istana Potala. Hal ini merupakan tanda penghormatan terhadap situs suci ini. Oleh karena itu, saat mengunjungi Istana Potala, kamu hanya akan melihat keindahan istana ini.

Terdapat pagoda yang dilapisi emas dan intan permata

Tak hanya indah dari segi arsitekturnya saja, Istana Potala juga dihiasi oleh berbagai batu dan permata yang mahalnya luar biasa. Di Istana Potala, terdapat sebuah pagoda di mana bersemayam di dalamnya jasad pemimpin Tibet yang berkuasa sejak tahun 1391, yaitu Dalai Lama V Losan Jiacuo.

Istana Potala di malam hari [sumber gambar]

Pagoda itu bukan tempat sembarangan, karena dibangun dengan emas dan permata. Pagoda ini dilapisi 3724 kilogram, bertatahkan lebih dari 15 ribu intan, zamrud, mutiara, giok, serta batu akik yang mahal harganya.

Tahan terhadap berbagai bencana alam

Pembangunan Istana Potala ini memakan waktu yang tidak sebentar. Dibangun pada masa Dalai Lama ke-5, proses pembangunannya memakan waktu kurang lebih 50 tahun. Setelah itu, pembangunan dilanjutkan dan memakan waktu kurang lebih 300 tahun lamanya.

Istana Potala tahan terhadap bencana [sumber gambar]

Dengan begitu, material yang digunakan untuk membangun istana juga yang berkualitas baik. Mulai dari fondasi, dinding, hingga atapnya dibuat dari bahan yang tahan terhadap bencana. Selama ratusan tahun berdiri, istana ini telah berkali-kali disambar petir dan diguncang oleh gempa bumi. Uniknya, Istana Potala tetap berdiri kokoh dan tidak rusak sedikitpun.

Menjadi warisan UNESCO sejak tahun 1994

Sejak tahun 1994, UNESCO menobatkan Istana Potala sebagai salah satu warisan dunia. Tempat itu menjadi salah satu objek yang sering dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai belahan dunia. Kebanyakan wisatawan datang untuk berdoa dan memanjatkan berbagai macam pinta.

Suasana di dalam Istana Potala [sumber gambar]

Namun, ada hal-hal yang harus diperhatikan saat ingin mengunjungi Istana Potala. Tidak diperkenankan mengunjungi tempat ini secara individu, hanya boleh dalam rombongan tur. Saat masuk dan melihat isi di dalam bangunan, kamu tidak diperkenankan untuk mengambil foto. Selain itu, batas waktu kunjungan ke Istana Potala hanya satu jam saja. Sebagai catatan, pastikan kamu harus berperilaku baik saat masuk ke dalam Istana Potala, karena tempat ini merupakan tempat spiritual.

Nah, itulah tadi keindahan dan keistimewaan Istana Potala. Saat mengunjungi tempat ini pastikan kamu menggunakan pakaian tebal ya. Karena Istana Potala terletak di puncak pegunungan Tibet yang sangat luar biasa dinginnya.

Advertisement
Tags
Istana di pegunungan Tibet Istana potala Istana Tibet potala palace Tempat spiritual Tibet Warisan UNESCO
Share