Island Hopping di Sumatera Barat, Ini Destinasinya

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Sebagai negara maritim, Indonesia tentu saja memiliki banyak pulau-pulau kecil yang tersebar dalam wilayahnya. Beberapa memang belum memiliki penghuni, tapi beberapa pulau yang lain telah menjadi destinasi wisata yang memukau. Pulau-pulau kecil tersebut juga dapat ditemukan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, yang notabene wilayahnya terdiri dari 57 pulau. Empat pulau di Kabupaten Pesisir Selatan ini adalah contohnya.

Pulau Cubadak

Pengunjung yang sedang diving di lepas pantai Pulau Cubadak via instagram/mustafa.noer

Pulau dengan luas 5.749 kilometer persegi ini berada di selatan Kota Padang. Perairan di lepas pantai Pulau Cubadak memiliki banyak sekali biota laut dan terumbu karang. Sehingga kegiatan snorkeling merupakan aktivitas yang dapat dilakukan ketika datang ke pulau ini. Jika sedang tak ingin berbasah-basahan, memancing juga merupakan kegiatan yang dapat dilakukan di sini.

Pulau Pagang

Perairan Pulau Pagang yang indah via instagram/rinefawanusa

Destinasi ini sering menjadi lokasi berkemah danĀ snorkeling. Dari Padang, kamu bisa langsung menuju pelabuhan Bungus. Setelah sampai di Pelabuhan Bungus, kamu bisa menyewa kapal dengan kapasitas 6-10 orang untuk menyeberang. Pada tahun 2016 harga sewa kapal untuk menyeberang sekitar Rp200 ribu per kapal.

Pulau Aur Ketek dan Pulau Aur Gadang

Pemandangan Pesisir Pulau Aur dari ketinggian via instagram/pakejkepulau

Dari Painan, Ibukota Kabupaten Pesisir Selatan, dua pulau ini dapat ditempuh dalam waktu satu jam perjalanan. Aur Gadang memiliki pantai dengan pasir putih yang halus serta air berwarnna biru laut. Di bagian lain pulau, terdapat jajaran batu karang yang memecah ombak. Tak jauh dari Aur Gadang, terdapat Pulau Aur Ketek dengan ikiran yang lebih kecil.

Pulau Batu Kereta

Jembatan yang menggabungkan Pantai Batu Corocok dengan Pulau Batu Kereta via instagram/rockstartiket

Dari Painan, Pulau ini merupakan yang terdekat. Akses menuju ke sini dapat dimulai dari Pantai Carocok, Painan. Lebihnya lagi, kamu tak perlu menyebrang menggunakan perahu. Karena terdapat jembatan yang menghubungkan Pantai Carocok dengan Pulau Batu Kereta. Di sebelahnya juga terdapat Pulau Cingkuak yang dapat dicapai dengan 10 menit perjalanan menggunakan perahu.

Kabupaten Pesisir Panjang memeiliki potansi yang besar untuk menjadi wisata kepulauan. Dari jumlah total 77 pulau yang berada dalam wilayahnya, baru 17 pulau yang dapat dikunjungi. Pernah mengunjungi salah satu destinasi wisata di Kabupaten Pesisir Panjang?