Jelang Pelantikan Presiden, Berikut Pilihan Kebaya Ibu Negara

Presiden Jokowi bersama wakilnya yakni Ma’ruf Amin sebentar lagi akan dilantik pada tanggal 20 Oktober 2019 mendatang. Hal ini tentu membuat banyak masyarakat menebak-nebak kebaya apa yang akan dikenakan oleh Ibu Negara. Nah, mungkin kebaya di bawah ini yang akan dipakainya di Hari Minggu mendatang. Yuk simak daftarnya. 

Kebaya Jawa 

kebaya ibu negara
Kebaya Jawa via instagram/officialanneavantie

Salah satu kebaya yang paling populer di Indonesia adalah Kebaya Jawa. Pakaian ini dulu dikenakan oleh semua kalangan, baik bangsawan maupun masyarakat biasa. Kebaya Jawa ini sebagian besar dibuat dari kain transparan dan bermotif sederhana. Untuk membedakannya, kebaya ini mempunyai ciri khas kerah yang berbentuk V. Tapi, di saat ini, Kebaya Jawa  mengalami banyak perubahan dari kainnya atau motifnya. Ini dilakukan agar kebaya terlihat lebih modern. 

Kebaya Encim 

kebaya ibu negara
Kebaya Encim via instagram/kebayabungonagari 

Kemudian ada Kebaya Encim yang juga tak kalah terkenal di Indonesia. Kebaya ini pertama dibawa oleh wanita keturunan Tionghoa yang masuk ke Jakarta. Oleh karenanya, kebaya satu ini menjadi ciri khas dari Jakarta. 

Kebaya encim memiliki beberapa ciri khas yang membedakan dengan lainnya. Mulai dari detail bordir, lipatan sisi baju yang berada di tengah, bahan tenun dan panjang di bawah pinggul. Dari sisi bordir,  biasanya kebaya ini memiliki bordir samping dan tengah polos.

Sedangkan detailnya memiliki ragam motif seperti flora dan fauna. Namun, seiring perkembangan zaman, kebaya ini mengalami banyak inovasi supaya generasi milenial juga bisa menggunakannya. 

Kebaya Kurung

Kebaya Kurung via instagram/thiayufada

Ada lagi kebaya yang bisa menjadi pilihan. Adalah Kebaya Kurung yang merupakan pakaian perempuan khas dari Melayu. Pakaian satu ini cukup sederhana dibandingkan dengan kebaya lainnya. Ini dikarenakan kebaya hanya berbentuk memanjang sampai lutut yang sudah menjelaskan arti dari Kurung yang berarti melindungi tubuh.

Kebaya Bali  

Kebaya Bali via instagram/srikagustini 

Ada satu lagi kebaya yang juga terkenal di nusantara. Adalah Kebaya Bali yang mungkin kalau dilihat sekilas hampir sama dengan Kutubaru. Namun, setelah ditelusuri ada beberapa perbedaan kok, Teman Traveler. Seperti motifnya yang biasanya berupa motif bulat atau bunga teratai. 

Kemudian warnanya yang terlampau cerah, misalnya putih, merah, oranye dan kuning. Lalu perbedaan yang paling mencolok adalah penambahan aksesoris selendang yang diikat pada bagian pinggang. 

Pengikatan selendang merupakan simbol pengikatan nafsu serta perilaku buruk ketika memasuki area pura. Biasanya, selendang yang digunakan juga memiliki warna yang kontras dibandingkan dengan warna kain kebaya.

Baju Bodo

Baju Bodo via twitter/ UKSSITB

Terakhir, ada Baju Bodo yang bisa menjadi pilihan. Baju Bodo ini memang pakaian adat dari daerah Bugis, Sulawesi Selatan. Namun, kini sudah banyak yang memakainya untuk acara lain dengan desain yang sudah dimodifikasi. Bahkan, bahannya pun sudah mulai bervariasi. Mulai dari brokat sampai kain chiffon.

Itulah deretan kebaya yang mungkin akan dipakai Ibu Negara di acara pelantikan. Semuanya memiliki model yang cantik dan tentu cocok untuk dikenakan Ibu Negara. Kira-kira, kebaya mana ya yang akan dipakai Ibu Iriana nantinya? 

Tags
Indonesia Kebaya Ibu Negara Kebaya Indonesia tips dan inspirasi
Share