Indonesian Islamic Art Museum, Jalan-jalan Sekaligus Pertebal Iman

Advertisement

Traveling bersama dengan keluarga besar tentu saja menjadi hal yang sangat mengesankan. Untuk destinasi wisatanya, memang kebanyakan yang didesain untuk keluarga adalah berbagai wahana berisi permainan. Namun sesekali kamu mungkin bisa wisata religi dengan mengunjungi Museum Islam yang ada di Tanah Air. Destinasi museum Islam yang bisa banget untuk dikunjungi di Indonesia adalah Indonesian Islamic Art Museum.

Indonesian Islamic Art Museum merupakan destinasi wisata yang terdapat di Lamongan. Tepatnya berada di Jl. Paciran, Lamongan, Jawa Timur. Bisa jalan-jalan bersama dengan keluarga ataupun sendiri juga sangat tidak masalah. Pulang jalan-jalan, imanmu akan semakin tebal setelah mengetahui berbagai perkembangan Islam yang selama ini sudah terjadi.

Satu-satunya Museum Suguhkan Aplikasi Augmented Reality di Indonesia

Museum Islam di Indonesia, Via Instagram museummuslim
Museum Islam di Indonesia, Via Instagram museummuslim

Museum di Lamongan ini sudah mulai di bukan pada tanggal 28 Desember 2016 yang lalu. Di dalamnya berisi sejarah perkembangan Islam di seluruh dunia. Ini museum yang cukup vital lantaran memang selama ini belum ada lokasi yang menyajikan perkembangan Islam secara runtut dari awal dan ini menjadi yang pertama di Indonesia. Ini juga menjadi salah satu museum Islam terlengkap yang dimiliki dunia. Kita patut berbangga.

Arabic challigraphy Ottoman Islamic Battle Warrior Helmet, Via Instagram faridamuffidah
Arabic challigraphy Ottoman Islamic Battle Warrior Helmet, Via Instagram faridamuffidah

Satu hal lagi yang tak boleh diabaikan begitu saja. Indonesian Islamic Art Museum merupakan museum di Indonesia yang sudah berbasis teknologi informasi modern Augmented Realty (AR). Jadi, kamu bisa mengunduh aplikasi AR Indonesian Islamic Art Museum kemudian bisa scan berbagai gambar lalu akan keluar informasinya

Terdapat Tiga Zona Utama yang Bisa Dijelajahi

Zona Diorama, Via Instagram indonesianislamicart
Zona Diorama, Via Instagram indonesianislamicart

Saat masuk ke dalamnya, Indonesian Islamic Art Museum ini dibagi menjadi tiga zona utama yakni, Zona Audio Visual, Zona Galeri Peninggalan Kerajaan Islam, dan yang terakhir ada Zona Diorama. Untuk Zona Audio Visual akan diputar film pendek dengan durasi pendek, kurang lebih 15 menit yang berisi mengenai sejarah perkembangan Islam.

Selanjutnya ada Zona Galeri, isinya adalah menyuguhkan berbagai koleksi benda-benda bersejarah Islam dari penjuru dunia. Contohnya ada peninggalan dari Mataram Islam, Ottoman Turki, Samudra Pasai dan lain sebagainya. Zona yang terakhir adalah Diorama isinya adalah area photo spot, ada juga miniatur berbagai bangunan Islam.

Masuk ke Dalam Kawasan Wisata Bahari Lamongan

Bagian dalam Museum Islam, Via Instagram yusakmaulana
Bagian dalam Museum Islam, Via Instagram yusakmaulana

Nah, Indonesian Islamic Art Museum ini termasuk ke dalam salah satu wahana yang berada di Wisata Bahari Lamongan (WBL). Untuk tiket masuknya, Rp 10.000 setiap Senin-Kamis. Selanjutnya Rp 15.000 untuk Sabtu dan juga Minggu. Sementara itu untuk jam operasionalnya, setiap Senin sampai dengan Minggu, mulai pukul 08:30 pagi sampai 16:30 sore. Untuk informasi yang lebih lanjut kamu bisa menghubungi 0857-4840-5800.

Kita perlu berbangga ya ada Museum Islam yang sudah sangat modern di Indonesia. Kita sebagai generasi muda perlu untuk mendukungnya. Caranya? Ya dengan mengunjunginya dan share di media sosial supaya makin terkenal.

Advertisement
Tags
Indonesia Indonesian Islamic Art Museum Jawa Timur Lamongan Museum Islam
Share