Ini yang akan Terjadi jika Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Di Hari Senin lalu (7/10), diselenggarakan acara the 9th ASEAN Senior Officials Meeting on Sports (SOMS-9) di Manila, Filipina. Terdapat beberapa keputusan di dalam pertemuan tersebut. Salah satu hal yang menarik adalah Indonesia dicalonkan sebagai tuan rumah Piala Dunia tahun 2034 mendatang. Lantas, apa yang akan terjadi kalau Indonesia benar-benar menjadi tuan rumah piala dunia? Berikut ulasannya. 

1. Tempat Wisata Semakin Terekspose  

indonesia piala dunia
Ilustrasi wisata semakin terekspose via shutterstock

Dampak yang kemungkinan besar akan terjadi adalah tempat wisata Indonesia semakin terekspose. Baik dari wisata buatan hingga destinasi alamnya yang terkadang tak banyak diketahui. Hal ini akan membuat daerah tersebut menjadi populer, bahkan sampai penjuru dunia, karena turnamen yang diselenggarakan sudah bertaraf internasional. 

Kejadian seperti ini sudah dialami oleh Barcelona yang menjadi tuan rumah Olimpiade pada tahun 1992 lalu. Sejak saat itu, banyak sekali wisatawan yang datang ke sana untuk berlibur. Menariknya lagi, ramainya kunjungan turis terjadi hingga saat ini. 

2. Budaya Setempat Akan Dikenal  

Ilustrasi budaya yang semakin dikenal via shutterstock

Indonesia yang penuh dengan ragam budaya memang sudah banyak diketahui oleh negara luar. Namun, hanya beberapa yang diketahui, seperti Bali dengan Tari Pendet yang tak pernah lekang dimakan waktu. Nah, kalau Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia, budaya-budaya yang masih belum banyak diketahui akan terangkat ke permukaan dengan sendirinya. Para wisatawan pun akan tertarik untuk mengunjungi Indonesia sekaligus belajar tentang kebudayaannya. 

3. Adanya Peningkatan Bahasa Internasional dari Warga Setempat 

Ilustrasi warga setempat menguasai bahasa internasional via shutterstock

Warga setempat pun juga ikut terkena imbasnya. Mereka akan belajar bahasa negara luar karena sudah banyak wisatawan yang datang ke daerah tempat tinggalnya. Dengan begini, Indonesia akan dinilai sebagai destinasi wisata yang menyenangkan bagi para turis. Alasannya karena masyarakatnya mampu beradaptasi dengan bahasa yang kerap digunakan oleh wisatawan. 

4. Terdapat Peningkatan Infrastruktur 

Ilustrasi perbaikan infrastruktur di Gelora Bung Karno via shutterstock

Efek yang paling kentara selanjutnya adalah terdapat peningkatan infrastruktur. Biasanya, tuan rumah akan rela memperbarui infrastruktur supaya negaranya terlihat lebih bagus oleh negara lain. Infrastruktur yang paling banyak menjadi sasaran adalah fasilitas di sekitar tempat penyelenggaraan pertandingan. 

Itulah jadinya apabila Indonesia benar-benar menjadi tuan rumah Piala Dunia. Semuanya menunjukkan dampak positif terhadap Indonesia sendiri. Nah, menurut Teman Traveler, ada efek apalagi yang akan terjadi pada Indonesia? 

Tags
Indonesia indonesia jadi tuan rumah piala dunia 2034 info terbaru
Share