Inaya Putri Bali, Hotel Mewah BUMN Rancangan Ridwan Kamil

Selain pantai dan air terjun, tak sedikit wisatawan memutuskan berlibur ke Bali karena tertarik merasakan sensasi menginap di hotel mewah dengan nuansa berbeda. Pulau Dewata sendiri memang punya banyak akomodasi dengan fasilitas super lengkap, seperti St Regis, Sofital, Westin Bali, Club Med, hingga The Laguna. Salah satu yang saya coba adalah Inaya Putri Bali.

unit villa inaya putri bali
Salah satu villa di Inaya Putri Bali (c) Helga Christina/Travelingyuk

Hotel mewah di Bali ini tercatat sebagai BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Tak hanya itu, hotel bernama Inaya Putri Bali tersebut juga dirancang oleh Ridwan Kamil, mantan Walikota Bandung yang kini menjabat Gubernur Jawa Barat. Presiden Jokowi juga kerap menginap di sini kala sedang ada kunjungan kerja di Pulau Dewata.

Hotel Mewah dengan Lokasi Strategis

hotel dari depan berbentuk jineng bali
Bangunan hotel berbentuk Jineng Bali (c) Helga Christina/Travelingyuk

Berdiri di kompleks eksklusif Nusa Dua, Inaya Putri Bali menawarkan pengalaman menginap di lokasi strategis. Kawasan ini dijadikan venue beragam gelaran berkelas Internasional, salah satunya Annual Meeting IMF pada 2018 silam. Dari Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bai, akomodasi mewah ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 20 menit.

Mengusung Konsep Budaya Bali

exteriorhotel
Suasana di sekitar hotel (c) Helga Christina/Travelingyuk

Mengusung konsep beach front resort, hotel ini menghadap langsung ke arah Pantai Mengiat. Panorama yang disajikan kala matahari terbenam terlihat sangat indah. Selain itu, desain interior dan eksteriornya banyak mengambil inspirasi dari budaya Bali. Hal ini terbukti lewat bentuk bangunan yang menyerupai ‘Jineng’, tempat menyimpan dan mengeringkan beras dalam tradisi Pulau Dewata.

Arsitekturnya sendiri mengambil inspirasi dari tujuh dewi dalam agama Hindu, serta memanfaatkan bentang alam Desa Panglipuran, Kabupaten Bangli. Kompleks penginapan ini menawarkan lima tipe kamar dan dua jenis villa. Setiap sudutnya merefleksikan unsur-unsur tertentu dari Budaya Bali.

Fasilitas Super Lengkap

chapel wedding
Kapel pernikahan di hotel (c) Helga Christina/Travelingyuk

Hotel Inaya Putri Bali juga menyediakan beragam fasilitas menarik seperti yoga class, pusat kebugaran, kids club, spa, sepeda, surfing, kapel untuk pernikahan, dan masih banyak lagi. Setiap pagi, masyarakat sekitar akan menyapa para tamu hotel. Mereka biasanya akan dengan ramah menawarkan beragam suvenir khas Pulau Dewata.

Cultural dinner
Cultural dinner (c) Helga Christina/Travelingyuk

Setiap hari Jumat, pihak hotel akan menggelar acara cultural dinner. Sembari makan malam, para tamu bisa menyaksikan pementasan beragam budaya Bali. Tentunya bakal jadi pengalaman liburan menarik dan takkan terlupakan.

Pemandangan Alam Mempesona

waterblow bali
Waterblow Bali (c) Helga Christina/Travelingyuk

Tak hanya dimanja fasilitas dan tempat istirahat nyaman, para tamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan alam sekitar hotel. Cukup berjalan kaki 10 menit, pengunjung bisa menyaksikan fenomena alam menarik di Waterblow Bali. Sesuai namanya, Teman Traveler akan disuguhkan semburan air indah di barisan karang tepi pantai. 

waterblow
Berfoto di dekat semburan air via Instagram.com/cha_mckr

Para tamu juga bisa menghabiskan waktu dengan mengunjungi Museum Pasifika dan Devdan Theatre, terutama bagi yang tertarik menonton pertunjukan tari kontemporer. Tersedia pula shopping center jika ingin mencari pernak-pernik lucu maupun oleh-oleh untuk sanak famili di rumah.

Bagaimana Teman Traveler, menarik bukan sederet fasilitas yang tersedia di Inaya Putri Bali? Bagaimana, adakah di antara kalian yang tertarik menginap di hotel mewah milik pemerintah, hasil rancangan Ridwan Kamil ini?

Tags
akomodasi bali Bali Indonesia kontributor Travelingyuk wisata bali
Share