Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang, Nikmati Wisata Alam nan Asri

Bosan dengan wisata yang itu-itu saja? Ingin destinasi yang bisa berikan ketenangan? Tak ada salahnya Teman Traveler coba jalan-jalan ke Hutan Wisata Tinjomoyo di Semarang.

Menikmati sejuknya alam nan asri (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Meski berlabel hutan, destinasi bernuansa alam ini berada tak jauh dari pusat kota. Teman Traveler tak perlu susah-susah trekking menembus rimba belantara atau lakukan perjalanan berjam-jam. Yuk, simak asyiknya acara jalan-jalan saya di Hutan Wisata Tinjomoyo berikut ini.

Eks Kebun Binatang

Dulunya tempat ini adalah kebun binatang (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Hutan wisata yang belakangan sempat viral ini dulunya merupakan sebuah kebun binatang. Setelah banjir besar akibat luapan Sungai Kali Garang, Kebun Binatang Tinjomoyo resmi ditutup pada 2006 silam. Keputusan tersebut terpaksa diambil karena jembatan besar yang menghubungkan pintu masuk dengan kawasan hutan terputus.

Selain itu, kondisi tanah yang mudah longsor semakin menguatkan keputusan Pemkot Semarang untuk menghentikan operasional kebun binatang. Semua satwa koleksi lantas diboyong ke area baru di Magelang.

Rute dan Jalan Menuju Hutan Wisata

Hutan Wisata Tinjomoyo terletak di Kelurahan Sukorejo, selatan Semarang. Jaraknya tak terlalu jauh dari jalan utama. Dari kawasan Tugu Muda, Teman Traveler hanya perlu menempuh jarak kira-kira tujuh kilometer saja. Lokasinya berdekatan dengan Universitas Katolik Soegijapranata Semarang atau sering disebut UNIKA.

Hutan kota ini juga sangat strategis karena berada tak jauh dari jalan besar. Di pertigaan menuju lokasi hutan sudah tersedia papan penunjuk arah. Dijamin Teman Traveler takkan tersesat deh.

Meskipun disebut hutan, Teman Traveler tenang saja. Jalan menuju wisata Semarang satu ini sudah bisa diakses kendaraan roda dua dan empat. Tak perlu risau bakal melewati medan bebatuan atau sulit lainnya. Maklum saja, di tengah destinasi ini terdapat area perkampungan warga. Jadi jalur yang kalian lalui sehari-harinya digunakan oleh masyarakat sekitar.

Harga Tiket Masuk

Berfoto di tengah suasana hutan (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Jika tertarik menghabiskan liburan atau mengisi waktu senggang di sini, Teman Traveler boleh tenang soal budget. Tiket masuknya sangat murah, hanya Rp3.000 per orang. Dengan modal sekecil itu, kalian sudah bisa puas mengelilingi area hutan sembari abadikan momen di spot-spot pilihan.

Spot Foto Instagenic

Berfoto di tengah reruntuhan bangunan (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang hobi fotografi atau sekadar ingin mengunggah foto ciamik di akun media sosial, Hutan Wisata Tinjomoyo bakal jadi pilihan tepat. Ada banyak spot dengan pemandangan yang dijamin Instagenic abis.

Menikmati eksotisnya nuansa hutan
Menikmati eksotisnya nuansa hutan (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk
Salah satu gambar keren di sisi tembok (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Di hutan seluas kurang lebih 57 hektar ini Teman Traveler bakal menemukan berbagai keindahan dan pesona alami. Jangan lupa mampir ke kawasan dengan sisa-sisa reruntuhan bangunan di tengah hutan. Titik ini kerap jadi salah satu tempat foto favorit para wisatawan.

Berfoto di jembatan merah (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk
Hasilnya lumayan juga kan? (c) Eva Oktafikasari/Travelingyuk

Banyak wisatawan juga kerap abadikan momen di tengah jembatan merah
dengan latar belakang sungai menawan. Bahkan tak sedikit pasangan yang lakukan foto pre-wedding di sini. Bagaimana Teman Traveler, tertarik mencoba liburan di Hutan Wisata Tinjomoyo?

Tags
hutan tinjomoyo Indonesia kontributor semarang Travelingyuk wisata semarang
Share