Keindahan dan Keunikan Hutan Pohon Pelangi di Bondowoso

Advertisement

Teman Traveler pernah melihat pohon warna-warni? Jika belum, ada hutan pohon pelangi di Bondowoso, Dusun Darungan, Kecamatan Sumberwringin, Jawa Timur. Memiliki keindahan sekaligus keunikan yang menarik warga sekitar untuk berswafoto. Yuk simak ulasan berikut.

Pohon Pelangi

pohon pelangi
Ilustrasi via instagram vanny7445

Jika batang pohon umumnya berwarna coklat, lain halnya dengan pohon pelangi ini atau bernama latin Rainbow Eucalyptus, yang memiliki keunikan batang berwarna-warni seperti namanya. Tampak gradasi warna merah muda, biru, kuning, jingga, hijau dan lainnya. Semua jenis warna pada batangnya pun memiliki dominasi warna berbeda tiap pohonnya, warna ini tentunya alami dari Sang Pencipta bukan hasil tangan manusia.

Pohon-pohon ini berada di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Sumberwringin, 34 km dari pusat kota. Tempat ini secara resmi tidak dibuka untuk tujuan wisata tetapi masyarakat sekitar sering memanfaatkannya sebagai lokasi spot swafoto. Warga setempat menyebutnya ‘kajuh bernah’ dalam bahasa Madura berarti Kayu Berwarna.

Proses Oksidasi

proses oksidasii
Ilustrasi via instagram biotifor_jogja

Selanjutnya menurut Dosen Prodi Biologi, FMIPA Universitas Jember, Rendy Setiawan mengatakan, warna-warni itu disebabkan oleh proses oksidasi antara kambium dengan oksigen. Ketika getah atau kambium tanaman mengelupas terjadilah gradasi warna, batang pohon tersebut akan berwarna hijau, kuning, merah, jingga, hingga biru tua atau coklat. Siklus ini akan berlangsung dan berulang sepanjang tahun.

Selain itu pohon ini juga tinggi menjulang mencapai 25 meter dengan diameter 80-120 cm, tak ada cabang dan ranting. Batang lurus menjulang, kalaupun ada dahan maupun rantingnya sedikit ada di bagian atas.

Tumbuhan Endemik Papua

tumbuhan endemik papua
Ilustrasi via instagram tienaazlan

Kemudian Rainbow Eucalyptus ini adalah tumbuhan endemik Papua dan sekitarnya serta Kepulauan Salomon. Sedangkan hutan pohon di Bondowoso ini sudah ada sejak zaman Belanda yaitu tahun 1939. Terdapat beberapa jenis eucalyptus di lahan seluas 23 hektar ini diantaranya ada eucalyptus deglupta, umbelata, triantha, saligna, dan lainnya. Usia pohon-pohon tersebut juga mencapai ratusan tahun lho!

Demikian ulasan pohon pelangi di Bondowoso Jawa Timur yang memiliki keunikan dan daya tarik warga sekitar. Sudah berkunjung ke sini belum? Jangan lupa selalu menerapkan protokol kesehatan Teman Traveler.

Advertisement
Tags
Bondowoso info terbaru news Pohon Pelangi Wisata Bondowoso
Share