Hutan Pinus Mangunan, Liburan Seru Penuh Petualangan di Jogja

Esti Traveler

Esti Traveler

On Indonesia
Bertualang di Hutan Pinus Mangunan Bertualang di Hutan Pinus Mangunan

Teman Traveler, Jogja punya banyak obyek wisata alam menakjubkan. Beberapa bahkan cocok banget buat kalian yang suka liburan ala petualang. Salah satunya adalah Hutan Pinus Mangunan, kawasan yang kini jadi destinasi wisata Jogja yang hits.

Kawasan Mangunan berada di Kecamatan Dlingo, Bantul, Jogja. Mulai dikembangkan sebagai tempat wisata sejak 2003, destinasi ini memiliki total luas wilayah mencapai 23 hektar.

Hutan Pinus Mangunan (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Akses jalan menuju ke Mangunan bisa dibilang tak terlalu mulus, namun bakal menambah seru petualangan Teman Traveler. Kalian bakal melewati jalur yang menanjak dan berkelok-kelok, dengan hamparan bukit super keren. Biaya mengunjungi tempat ini pun enggak mahal. Cukup bayar parkir dan tiket masuk Rp10.000.

Penasaran? Yuk simak ulasan selengkapnya soal kawasan Hutan Pinus Mangunan.

Serunya Menjelajah Hutan Pinus

Asrinya Hutan Pinus (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Teman Traveler gak bakal bosan menjelajah kawasan Mangunan karena ada beberapa objek wisata apik. Kalian bisa menyambangi banyak destinasi sekaligus dalam sehari.

Jangan lewatkan kesempatan mengunjungi Hutan Pinus Pengger, Puncak Becici, Pinus Asri, Pinus Sendangsari, Hutan Songgolangit, Bukit Panguk Kediwung, Bukit Mojo Gumelem, Curug Seribu Batu, Watu Goyang, Jurang Tembelan, serta Kebun Buah Mangunan.

Masing-masing destinasi tersebut mempunyai sederet spot foto kece. Tapi ingat Teman Traveler, kalian wajib selalu menjaga kebersihan karena kawasan ini masih sangat terjaga kealamiannya.

Melihat Indahnya Sunset dan Sunrise

Bukit kebun buah Mangunan (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Di sini Teman Traveler bisa puas menikmati indahnya pesona alam pegunungan. Wisata Alam Mangunan memiliki sebuah gardu pandang dengan tinggi mencapai 200 mdpl, ideal untuk melihat panorama sunrise ataupun sunset dari ketinggian.

Bagi Teman Traveler yang berniat memburu momen matahari terbit, sebaiknya datang pagi di buta, sekitar pukul 05.00. Jika terlambat, jangan buru-buru kecewa. Masih ada momen mentari terbenam yang tak kalah indah. Bisa kalian saksikan sekitar pukul 17.00. Pemandangan yang disuguhkan sungguh memukau, tak kalah dengan di Gunung Bromo lho.

Spot Foto Alam nan Instagenic

Spot foto pre-wedding (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Inilah yang kerap jadi tujuan utama para traveler, apalagi jika bukan spot foto Instagenic. Teman Traveler bisa puas berpose di sekitar Hutan Pinus Mangunan. Manfaatkan tiap sudut untuk hasilkan gambar keren, mulai dari amfiteater kayu, taman bunga hutan pinus, rumah pohon, jurang tembelan, dan masih banyak lagi.

Tak hanya wisatawan, pasangan yang hendak menikah pun kerap mengabadikan momen apik mereka di sini. Ya, Hutan Pinus Mangunan juga termasuk salah satu lokasi foto pre-wedding populer di Jogja.

Wisata Kebun Buah Mangunan

Jembatan Kayu Mangunan (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Usai puas melihat keindahan alam sekitar, Teman Traveler bisa lanjutkan perjalanan ke Kebun Buah Mangunan. Ada ribuan tanaman hias dan pohon buah dibudidayakan di sini, mulai dari durian, mangga, jeruk, jambu air, dan masih banyak lagi. Kalian juga bisa belajar memanen, membibit tanaman, hingga membuat pupuk di sini.

Offroad Jeep Desa Wisata

Wisata offroad Mangunan (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Teman Traveler yang menyukai adventure track, bisa menjajal sensasi offroad jeep desa wisata. Kalian akan diajak menyusuri medan terjal dan berkelok di kawasan Mangunan. Tentunya bakal sangat seru dan menantang. Biaya yang dibutuhkan berkisar Rp400.000 untuk lima hingga enam orang sekali jalan.

Fasilitas penunjang lain yang tersedia di kawasan Mangunan antara lain reflying, camping area, flying fox, outbond, Jembatan Goyang, penginapan, ruang pertemuan, kolam renang, dan tempat bersantai.

Bagaimana Teman Traveler, cukup banyak kan keseruan yang bakal menanti kalian di Hutan Pinus Mangunan? Jadi tunggu apa lagi, segera agendakan liburan ke Jogja dan kunjungi destinasi ini dalam waktu dekat.