Hutan Pinus Malino, Menikmati Udara Segar di Kabupaten Gowa

Malino merupakan kelurahan di Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi selatan. Wilayah ini juga dikenal dengan Pegunungan Malino, salah satu pegunungan besar di Sulawesi selatan. Jaraknya dari Makassar sekitar 90 km atau dapat ditempuh dalam tiga jam perjalanan.

Salah satu destinasi wisata yang cukup direkomendasikan di sana adalah Hutan Pinus Malino. Jalan menuju sana memang cukup menantang lantaran banyak tikungan dan tanjakan. Namun pemandangan yang tersaji amat luar biasa. Hawanya juga sangat menyegarkan, khas pegunungan.

Akomodasi Memanjakan

Suasana di Hutan Pinus Malino (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Kawasan Hutan Pinus Malino menyediakan penginapan dengan beragam fasilitas nyaman untuk memanjakan wisatawan. Tarifnya pun relatif terjangkau kantong. Berkisar antara Rp100.000 hingga Rp300.000 per malam.

Jadi Arena Kegiatan Komunitas

Taman bermain untuk anak (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Hutan Pinus Malino bisa dibilang merupakan objek wisata yang tak pernah sepi pengunjung, terutama di masa liburan. Jajaran pinus di sini begitu indah, bisa Teman Traveler nikmati sejak dari perjalanan. Tak jarang orang-orang memanfaatkan destinasi ini sebagai lokasi perkemahan atau melaksanakan kegiatan kampus, organisasi, komunitas, dan lainnya.

Spot foto di sekitar hutan pinus (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Wahana Bermain yang Seru

Penduduk sekitar menanam stroberi (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Untuk masuk ke kawasan wisata pohon pinus, pengunjung harus membayar tiket antara Rp5.000-Rp10.000. Di dalamnya Teman Traveler akan disambut beragam wahana permainan seru seperti lapangan tembak. Ada juga area bermain khusus untuk anak-anak.

Pengunjung juga bisa melihat-lihat di sekitar area perkebunan stroberi. Semua lahannya terlihat sangat tertata rapi dan dikelilingi deretan pohon pinus. Menambah suasana asri di sekitarnya.

Berkeliling Naik Kuda

Penyewaan kuda dari masyarakat sekitar (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Pengunjung juga bisa menjajal asyiknya berkeliling sekitar Hutan Pinus Malino dengan naik kuda. Teman Traveler bisa menyewa kuda milik warga sekitar dengan harga antara Rp5.000 hingga Rp10.000. Kalian bakal diantar juga oleh sang pemilik untuk menjelajah setiap sudut indah di sekitar sini.

Pemandangan di sekitar kawasan wisata (c) Vinchent Pata/Travelingyuk

Hutan Pinus Malino termasuk salah satu destinasi favorit lantaran keasrian alamnya masih sangat terjaga. Udara di sini juga lumayan sejuk, bahkan bisa dikatakan merupakan terdingin kedua setelah Toraja di Sulawesi Selatan. Tak heran jika kawasan ini kerap dipadati pengunjung di masa liburan dan akhir pekan.

Bagaimana menurut kalian Teman Traveler? Adakah yang sudah berencana mengunjungi tempat wisata ini dalam waktu dekat?

Tags
Gowa kontributor Travelingyuk Wisata Gowa
Share