Hutan Pinus Kalilo Purworejo, Sunyi Berasa Milik Sendiri

Jawa Tengah acapkali jadi incaran wisatawan domestik maupun mancanegara. Provinsi ini memang miliki ratusan objek wisata alam dan budaya menarik. Jika Teman Traveler sudah beres menjelajah wilayah kota, cobalah mampir ke Purworejo. Ada Hutan Pinus Kalilo yang eksotis.

Mampir Tak Sengaja

Jalanan batu nan unik (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Saya dan seorang kawan sebenarnya tak sengaja bisa menghirup segarnya udara di kawasan Pegunungan Menoreh, Kalilo, Tlogoguwo, Kaligesing, Purworejo. Kala itu kami hanya ingin mencoba track jalanan menantang. Tak disangka, kami justru menemukan obyek wisata yang rasanya masih jarang diketahui para pelancong.

Setelah memarkir sepeda motor, kami lantas mencari petugas jaga, namun tak langsung ketemu. Mereka sepertinya belum berada di lokasi. Pos tiket pun sepi penghuni. Kami kemudian bertanya pada salah seorang penjual makanan di seberang pintu masuk. Menurutnya, saat itu kunjungan masih sepi sehingga belum ada petugas yang datang.

Kala itu kami memang berkunjung di hari kerja. Tak nampak ada pengunjung lain di sekitar sini. Kami pun beruntung bisa masuk destinasi ini tanpa membayar tiket dan parkir kendaraan.

Sediakan Spot Foto Apik

Spot foto setelah pintu masuk (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Hutan Pinus Kalilo, demikian destinasi ini disebut. Sebuah hamparan bukit dengan beragam tanaman tumbuh di atas permukaannya. Pohon pinus jadi yang paling dominan, membuat suasana sekitar menjadi lebih sejuk.

Setelah masuk area wisata, kami langsung disuguhi spot foto menarik dengan tulisan ‘Hutan Pinus Kalilo’ berukuran besar. Tak menyia-nyiakan keadaan, jepretan kamera ponsel kami langsung beradu dengan semburat mentari.

Jembatan kayu menuju rumah pohon (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Berlanjut ke sisi samping, kami menemukan beragam spot foto warna-warni. Salah satu yang menarik perhatian kami adalah rumah pohon dan jembatan kayu. Meski bikin deg-degan saat melintas di atasnya, jembatan satu ini bisa dibilang cukup unik dan indah. Ada juga rumah pohon, yang cocok dijadikan sebagai latar foto di alam bebas.

Nikmati Tenangnya Alam Bebas

Pemandangan eksotis sisi samping (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Sederet meja dan kursi dari kayu dan batu menjadi penopang
lelah kami usai berkeliling. Saya lantas membuka laptop untuk menyelesaikan beberapa tugas kuliah. Mengerjakan kewajiban kampus di alam bebas benar-benar berikan sensasi berbeda.

Suasananya sungguh tenang, bebas gangguan. Semua ide segar seperti mudah mengalir. Tanpa terasa tugas saya pun rampung lebih cepat dari perkiraan.

Menjelang siang, beberapa pasangan muda-mudi berdatangan. But don’t worry Teman Traveler, area hutan pinus ini cukup luas kok. Masih ada cukup ruang buat kalian yang ingin menikmati ruang alam dalam kesunyian.

Wajib Disambangi

Setelah merasa cukup beristirahat, kami lantas mengelilingi area lain. Di sini jalanan batu ditata sedemikian rupa hingga terlihat indah, tanpa mengurangi sisi naturalnya. Begitu sampai di sisi samping, Teman Traveler bisa nikmati sajian indah pemandangan Pegunungan Menoreh di sekitar Purworejo dan Kulon Progo.

Oh ya, Teman Traveler sebaiknya selalu waspada karena pengamanan di sekitar sini belum terlalu maksimal. Jika tak hati-hati, jurang dan tebing masih siap menerkam.

Hutan pinus yang serasa jadi milik kami sendiri ini juga cocok dijadikan tempat nongkrong syahdu. Begitu pula dengan foto pre-wedding maupun belajar fotografi. Semilir anginnya sejuk khas area pegunungan, sementara tanahnya berwarna kemerahan bersih. Tunggu apa lagi, yuk kunjungi Hutan Pinus Kalilo saat eksplor wisata Purworejo!

Tags
kontributor Purworejo Travelingyuk wisata purworejo
Share