Hutan Mati Papandayan, Sisa Erupsi Bisa Secantik Ini!

Garut, kota yang dijuluki sebagai Swiss van Java sudah banyak memperlihatkan kecantikannya. Keindahan yang dimiliki tempat-tempat wisata alam di Garut memang sayang dilewatkan. Salah satu wisata alam unik di Garut sekaligus penuh pesona adalah Hutan Mati yang berada di kawasan Gunung Papandayan. Hutan Mati Gunung Papandayan juga punya cerita menarik lho, Teman Traveler. Penasaran?

1. Terletak di Gunung Papandayan Garut

Hutan Mati Terletak di Kawasan Gunung Papandayan
Hutan Mati Terletak di Kawasan Gunung Papandayan via Instagram/7_arramadan

Hutan Mati atau Dead Forest terletak di kawasan Gunung Papandayan, Garut. Kawasan ini cukup akrab bagi para pendaki yang akan menuju Papandayan, karena, Hutan Mati biasa dilewati para pendaki yang akan menuju Puncak Tegal Alun. Tepatnya, Hutan Mati terletak di Kecamatan Cisurupan.

2. Keindahannya Terbentuk karena Erupsi

Keunikan Hutan Mati di Papandayan
Keunikan Hutan Mati di Papandayan via Instagram/rizki_syafari

Hutan Mati yang indahnya misterius, diapit oleh hijaunya pepohonan di sekitar perbukitan. Jika melihat sekilas, Hutan Mati terkesan menyeramkan. Jelas, karena hanya tampak batang-batang pohon seperti sisa pembakaran.

Keadaan tersebut menurut beberapa cerita terbentuk karena erupsi di Gunung Papandayan yang terjadi pada 1772. Erupsi tersebut menghancurkan 40 desa dan membuat 3000 penduduknya meninggal. Kejadian ini terekam dalam buku Natural Disasters karya Lee Davis, seorang sejarahwan.

 3. Menyimpan Misteri

Misteriusnya Dead Forest di Papandayan
Misteriusnya Dead Forest di Papandayan via Instagram/nyonyah_tri

Keunikan yang dimiliki Hutan Mati Gunung Papandayan adalah menyimpan misteri. Terutama jika dilihat dari ranting-ranting pohon yang menghitam dan tanahnya yang tandus. Cerita mengenai musibah erupsi yang menewaskan ribuan orang seolah terbayang di depan mata. Meski begitu, kesan seram tersebut tidak menurunkan minat para pengunjung untuk datang ke Hutan Mati.

4. Jadi Salah Satu Spot Foto Terbaik

Spot Foto Terbaik di Hutan Mati
Spot Foto Terbaik di Hutan Mati via Instagram/fitriapriliaa06

Karena keunikan yang dimiliki, Hutan Mati banyak dijadikan spot foto oleh siapa saja yang mengunjunginya. Teman Traveler bisa berfoto di antara batang-batang pohon yang hitam legam, sembari menonjolkan sisi misterius yang dimiliki. Mau berfoto sebanyak apa pun, bebas. Di mana lagi bisa didapatkan latar pemandangan yang unik seperti ini, kan?

5. Menuju Hutan Mati

Lokasi Hutan Mati di Kawasan Gunung Papandayan
Lokasi Hutan Mati di Kawasan Gunung Papandayan via Instagram/mti1411

Hutan Mati Gunung Papandayan cukup tersembunyi. Jarak dengan pintu utama masuk kawasan Gunung Papandayan cukup jauh. Untuk menuju sana, Teman Traveler harus berjalan kaki selama dua jam. Namun, tidak usah khawatir bagi pemula, track menuju Hutan Mati tidak terlalu sulit.

Indonesia memang tidak ada habisnya. Hutan Mati Gunung Papandayan salah satu yang unik dan wajib dikunjungi oleh Teman Traveler semua. Kalau Gunung Papandayan ada di dalam agenda, agendakan juga mengunjungi Hutan Mati atau Dead Forest ini ya.

Tags
Garut Gunung Papandayan Hutan Mati Papandayan Indonesia Jawa Barat
Share