Keren, Hutan Lumut Eksotis Satu Ini Ada di Indonesia Lho!

Isti

Isti

On Indonesia
Hutan Lumut Gunung Singgalang Hutan Lumut Gunung Singgalang

Tidak harus ke luar negeri untuk liburan yang seru, banyak tempat asyik di Indonesia yang bisa memanjakan mata. Bahkan sebuah hutan pun terlihat menakjubkan jika telah diolesi dengan sentuhan manusia kreatif. Sebut saja Hutan Pinus Imogiri yang kini makin instagram-able. Tak hanya di Bantul, Yogyakarta ternyata hutan instagenic lain yang tak kalah menakjubkan. Wah penasaran dengan destinasi yang kini ramai di media sosial ini kan? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut!

Serasa Berada di Lokasi Syuting Film Hollywood

Pohon di gunung Singgalang yang berlumut
Pohon di gunung Singgalang yang berlumut [image source]
Pernah nonton film The Hobbit atau The Lord of The Rings kan? Yap, latar dari dua film menggunakan hutan hijau yang eksotis. Namun jangan salah, ternyata Indonesia juga memiliki spot cantik yang mirip dengan latar syuting film hollywood ini. Ada Hutan Lumut Gunung Singgalang yang terletak di Sumatra Barat. Sebuah kawasan wisata alam yang menawan karena keunikan dari pepohonannya.

Hutan Lumut di Gunung Singgalang
Hutan Lumut di Gunung Singgalang [image source]

Pepohonan Unik dengan Lumut Eksotis

Prewedding di Hutan Lumut
Prewedding di Hutan Lumut [image source]
Sesuai dengan namanya, hal unik dari hutan ini adalah lumut. Dari foto yang beredar, terlihat lumur hijau menempel di seluruh badan dari pohon. Tak hanya di batang, tapi juga di dahan hingga membuat semua pohon besar dan tinggi di hutan ini terkesan eksotis bak editan. Entah dari mana asalnya, lumut inipun juga menempel di semua sudut hutan termasuk batu dan tanah. Yap, semua serba hijau kecuali jalan setapak yang selalu digunakan pendaki untuk naik gunung.

Tempat istirahat pendaki Gunung Singgalang
Tempat istirahat pendaki Gunung Singgalang [image source]

Tempat Istirahat Pendaki yang Instagenic

Mirip set untuk lokasi syuting
Mirip set untuk lokasi syuting [image source]
Hutan Lumut sebenarnya bukanlah objek wisata alam. Kawasan satu ini merupakan tempat jalur untuk pendakian menuju Gunung Singgalang melalui jalur perkampungan Pandai Sikek. Namun di sini pula beberapa pendaki memutuskan untuk beristirahat beberapa waktu sekaligus berfoto dengan latar pohon lumut. Di sini pun kamu tidak hanya berada di lokasi syuting tapi juga serasa masuk dalam dunia dongeng.

Foto bareng pasangan di Hutan Lumut
Foto bareng pasangan di Hutan Lumut [image source]

Menatap Keindahan Telaga Dewi

Telaga Dewi Singgalang
Telaga Dewi Singgalang [image source]
Sebenarnya, hutan lumut di sini sudah cukup dekat dengan puncak Gunung Singgalang. Bahkan waktu yang ditempuh untuk sampai ke sana hanya 15 menit saja. Yang tak menakjubkan dari puncak ini adalah keindahan Telaga Dewi. Yap, telaga ini mencuri perhatian karena air yang masih bening. Biasanya para pendaki mendirikan tenda di pinggiran telaga ini. Nah, kamu yang berkunjung ke Hutan Lumut wajib nih sampai di sini.

Telaga Dewi Singgalang di Gunung Singgalang
Telaga Dewi Singgalang di Gunung Singgalang [image source]

Bermalam diĀ Aie Angek Cottage

Aie Angek Cottage
Aie Angek Cottage [image source]
Usai mendaki gunung Singgalang, jangan langsung putuskan pulang di rumah. Ada baiknya untuk bermalam di beberapa akomodasi yang cukup dekat dengan pos pendakian. Salah satunya adalah Aie Angek Cottage yang terletak di Jl Raya Padang Panjang – Bukit Tinggi Km 6, Nagari Aie Angek. Nah, biaya untuk bisa bermalam di hotel berbintang ini, kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp1.000.000 per malamnya. Berminat?

Kamar di Aie Angek Cottage
Kamar di Aie Angek Cottage [image source]
Nama : Hutan Lumut Gunung Singgalang Sumatra Barat
Tiket Masuk : Rp7.000

Nah, ingin rasakan sensasinya mendaki gunung di hutan eksotis bak negeri dongeng? Yuk, ke Sumatra Barat dan jangan lupa pula berkunjung ke objek wisata lainnya di Padang Panjang atau pun Bukittinggi.