Hutan Bambu Perdu Indonesia, Menyuguhkan Wisata Rasa Negeri China

no image available

no image available

Bukan hanya pohon kelapa saja yang memiliki banyak fungsi, bambu juga nggak jauh-jauh dari kehidupan manusia. Baik dulu atau sekarang, tanaman beruas-ruas itu telah menjadi tiang-tiang rumah, dinding, bahkan juga pagar perlindungan. Belum lagi tunas mudanya bisa dimasak jadi kuliner mantap. Sebagai negara tropis, Bambu mudah ditemukan di Indonesia, bahkan di beberapa tempat membentuk hutan belantara yang lebat seolah-olah mengingatkan kita pada Tiongkok.

Semilir angin yang menerpa hutan bambu, membuat dedaunan saling bergesekan melambai-melambi. Hingga suara alam nan syahdu pun terdengar begitu merdu. Percayalah, kamu pasti bisa merasakan sebuah ketenangan hanya dengan berjalan-jalan saja. Jangan cuma pergi ke pusat perbelanjaan saja, sesekali menyapa alam akan jadi sesuatu yang istimewa. Jika kamu setuju dengan Travelingyuk, segera datang ke beberapa wisata hutan bambu berikut ini, jangan lupa bawa kamera untuk foto-foto!

1. Hutan Bambu Desa Penglipuran

Sebagian besar orang hanya tahu tentang rumah-rumah dengan pintu seragam, taman-taman indah dan jalanan bersih lagi hijau di Desa Penglipuran. Padahal, ada permata bak zamrud dalam wujud hutan bambu di tempat itu. Areanya cukup luas, kamu bisa berkeliling dengan jalan kaki atau bahkan naik kendaraan. Letaknya ada di bagian atas desa di belakang bangunan Pura.

Untuk masuk ke tempat ini, kamu bisa membayar uang donasi sekitar Rp. 10 ribu. Kebersihan di tempat itu sangat dijaga, bahkan daun bambu kering yang jatuh di jalanan pun dibersihkan setiap hari. Jadi jangan sampai kamu membuang sampah sembarangan ya.

Alamat : Jalan Penglipuran, Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali

2. Taman Wisata Boon Pring Andeman Malang

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, nggak perlu ke Tiongkok apalagi Jepang hanya untuk merasakan udara sejuk hutan bambu. Di Malang ada sebuah tempat tersembunyi di daerah pegunungan yang nggak kalah keren. Sebut saja dengan nama Boon Pring. Ada banyak jenis pohon bambu yang tumbuh di sini. Mulai dari bambu petung, bambu petung hitam, bambu apus, bambu tutul, bambu ampel, bambu wulung, bambu kuning, bambu pagar, bambu budha, bambu amplex, bambu embong, bambu angus tifolis, dan masih banyak lagi.

Bukan hanya itu, area hutan seluas 25 hektare tersebut dilengkapi dengan danau. Di bagian tengahnya muncul pulau kecil dan menambah keunikan tempat ini. Kamu bisa berenang atau mengayuh perahu dan menyeberangi dananu.

Alamat : Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur,

3. Hutan Bambu Surabaya

Siapa sangka jika di Surabaya yang terkenal sebagai kota besar terdapat hutan bambu yang begitu rindang dan sejuk. Tepatnya di kawasan Keputih. Jalan-jalan setapaknya masih berupa tanah dan penuh dengan daun bambu kering yang berjatuhan. Dengan pemandangan yang keren, Hutan Bambu Keputih ini cocok kamu datangi di saat penat sedang mendera tapi tak punya cukup waktu untuk berkelana.

Dulunya tempat ini adalah lokasi pembuangan sampah. Namun pemerintah Kota Surabaya mengubahnya menjadi kawasan konservasi bambu yang hijau. Dengan begitu, bukan hanya ramah lingkungan tapi juga bisa menarik wisatawan
Alamat :Jalan Raya Marina Asri, Surabaya, Jawa Timur.

4. Hutan Bambu Magelang

Magelang itu bukan hanya soal Borobudur yang megah saja, masih ada banyak hal yang nggak kalah menarik. Sesekali kamu pasti ingin bertandang ke lokasi wisata alam bukan? Arahkan kendaraanmu ke Magelang dan setelah puas mendaki candi yang dibangun Wangsa Syailendra tersebut, mampirlah ke Kampung Bambu Klatakan. Di sini tertanam berbagai jenis bambu yang menjulang tinggi dengan daun-daun lebat. Lokasinya hanya berjarak sekitar lima kilometer dari Borobudur, menjanjikan sebuah ketenangan langka dan nuansa alami yang menggelora.

Akses jalannya pun mudah, kamu bisa ke tempat ini dengan mengendarai mobil atau sepeda motor. Karena wisatawan yang datang semakin banyak, Kampung Bambu menyediakan beberapa fasilitas. Selain parkir, ada penjual makanan tradisional yang enak sekali. Bertahanlah di sini sampai waktu matahari terbenam, karena kamu akan melihat fenomena alam yang mempesona.

Alamat : Dusun Bojong, Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

Sudah tahu kan beberapa hutan bambu di Indonesia, serasa di Negeri China ya?

Tags
Alam Bali Hutan Bambu Magelang Malang Surabaya
Share