Penemuan Lukisan Kuno Ungkap Penghuni Pertama Hutan Amazon

Advertisement

Para peneliti menemukan lukisan kuno purbakala pada bagian terpencil hutan Amazon. Lukisan ini ungkap penghuni pertama Hutan Amazon yang hidup bersama beberapa hewan raksasa di Zaman Es 20.000 tahun lalu. Yuk ikuti ulasan lebih lanjut di bawah ini.

Koleksi Seni Terbesar di Dunia

arkeolog
Ilustrasi via pexels Oziel Gómez

Penemuan berharga ini disebut sebagai satu koleksi seni terbesar di dunia, lukisan kuno ini membentang hampir 13 kilometer di tebing hutan Amazon bagian Kolombia. Para peneliti memprediksi lukisan-lukisan kuno ini dibuat antara 12.600 dan 11.800 tahun yang lalu. Penemuan ini pertama kali digali pada tahun 2017 dan 2018.

Menurut laporan IFL Science gambar lukisan kuno ini menampilkan piktograf-piktograf berwarna merah yang berasal dari batuan oker. Ada 12 panel lukisan menampilkan manusia, hewan, tumbuhan, cetakan tangan, perburuan, pola geometris ditemukan di Cerro Azul disekitar tepi utara hutan Amazon bagian Kolombia.

Lukisan Tentang Hewan Masih Eksis dan Megafauna Zaman Es

lukisan kuno amazon hewan
Ilustrasi via instagram sarahysabeldyne

Pada lukisan kuno ini ditemukan penggambaran hewan yang masih eksis sampai saat ini seperti kelelawar, aligator, rusa, tapir, kura-kura, landak dan monyet.

Menurut para peneliti penggambaran penting adalah beberapa paling realistis dari megafauna Zaman Es yang sudah punah, termasuk mastodon (kerabat prasejarah dari gajah), kungkang raksasa, unta dan hewan berkuku tiga jari (familia badak dan tapir).

Ungkap Kehidupan di Hutan Amazon

ungkap kehidupan di amazon
Ilustrasi via instagram uniofexeternews

Tim peneliti juga telah menggali tanah sekitar ditemukannya lukisan kuno, dan menemukan tulang, sisa-sisa tanaman yang menunjukkan bahwa komunitas manusia pada periode itu adalah pemburu, pengumpul pemakan buah pohon palem, serta hewan ular, katak, kapibara, armadilo, dan paca. Mereka juga memancing aligator dan piranha.

Diperkirakan Menggunakan Api Untuk Melukis

menggunakan api untuk menulis
Ilustrasi via instagram sarahysabeldyne

Peneliti memperkirakan manusia purba sebelum membuat lukisan, mengelupas permukaan tebing dan menggunakan api untuk membuat permukaan halus. Lukisan-lukisan ini telah dilindungi batuan menggantung sehingga tidak banyak terjadi kerusakan sampai saat ditemukan.

Demikian ulasan lukisan kuno di hutan Amazon yang mengungkapkan peradaban awal di sana.

Advertisement
Tags
hutan Amazon Lukisan Kuno di Hutan Amazon Lukisan Purbakala Zaman Es
Share